December 06, 2011

ON|OFF 2011 : Ajang Offline Para Pengguna Media Sosial

Sabtu 3 Desember 2011 lalu  bertempat di Epicentrum Walk, Jakarta diadakan acara untuk para pengguna media sosial yaitu : ON|OFF 2011. Seperti yang diungkapkan oleh VOA (Voice of America) dalam situs-nya, ajang ini merupakan tempat bertemu para pengguna atau dapat dikatakan penggila media sosial seperti blogger, facebook , twitter dan media sosial lainnya. Selama ini mereka hanya bertemu online di dunia maya dan event ini adalah waktu yang tepat untuk offline alias kopdar. Itulah mengapa disebut ON|OFF. Dari online ke offline.

ON|OFF 2011 : Ideas Meet Opportunities

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan nama ON|OFF ini, wajar saja karena sebelumnya event yang diselenggarakan sejak tahun 2007 bernama Pesta Blogger. Namun seiring dengan perkembangan di dunia maya, media sosial bukan hanya blogger, trend sudah berubah dengan boomingnya media jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan yang fenomenal Twitter. Hadirnya Facebook dan Twitter sering dianggap menjadi biang keladi kemalasan orang untuk menulis blog, kini orang lebih suka membuat status atau komentar di Facebook atau nge-tweet di twitter yang ringkas hanya dengan 140 karakter. Namun sesungguhnya kedua media sosial ini bisa dimanfaatkan untuk menautkan link tulisan kita di blog sehingga lebih banyak pembaca yang mengunjungi blog kita apalagi jika kita sudah memiliki teman atau followers yang banyak. Cobalah tengok apa yang dilakukan oleh @enda yang dikenal sebagai Bapak Blogger Indonesia, dalam tweet-nya selalu menautkan link tulisan blog-nya, walaupun itu tulisan lama ia tidak lupa menambahkan dengan hashtag #oldposting. Saking seringnya menggunakan hashtag itu dalam tweet-nya, saat didaulat berbicara beberapa orang sempat nyeletuk, "oldposting, oldposting..." :D

Senada dengan yang dikemukakan oleh @salsabeela alias Ollie yang menjadi chairwoman event ini, sesuai dengan tema Ideas Meet Opportunities berharap ajang ini menjadi sarana yang tempat untuk menyambungkan ide-ide sehingga memperoleh peluang untuk berkembang, baik bidang usaha maupun secara personal. Jika kita bertemu dengan teman yang se ide kenapa tidak membuat sesuatu yang bermanfaat atau menghasilkan secara materi. Jadi media sosial jangan hanya dimanfaatkan untuk curhatan pribadi, status yang galau atau tweet negatif. Boleh sih kalau sekali -kali tapi jangan keseringan. Lebih baik dimanfaarkan untuk hal-hal positif. Ollie sendiri merupakan seorang blogger yang aktif menulis. Dia membuat @tempalabs sebuah game studi, membuat @nulisbuku sebuah situs online untuk menerbitkan buku dan beberapa proyek lainnya.

Cukup banyak perusahaan, institusi dan komunitas yang ambil bagian dalam event ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah booth VOA alias Voice Of America. Selain memberikan informasi  segala hal tentang Amerika, booth ini juga mengadakan lomba "Berani Menerima Tantangan" untuk menjadi presenter VOA , lengkap menggunakan mic dan kamera profesional dan live bisa disaksikan oleh pengunjung lainnya melalui sebuah flat TV yang besar. Cukup banyak pengunjung yang menyukainya, hal ini terlihat dari banyaknya stiker SUKA yang ditempel pengunjung di booth ini. Panitia memberikan sejumlah stiker SUKA (mirip LIKE di Facebook) kepada pengunjung dan mempersilahkan untuk di tempel di booth yang disukainya. Dan bagi peserta yang sudah berani tampil diberikan goodie bag yang menarik.

 @wulan_muh yang berani menerima tantangan menjadi presenter VOA

Tanpa terasa waktu bergulir begitu cepat. Dengan berat hati harus berpisah kembali dengan teman-teman yang selama ini cukup menghibur di dunia maya. Ajang offline ini berakhir tepat pukul 19.00 dan kita kembali bertemu online di dunia maya.

Sampai jumpa di ON|OFF 2012!

@harrismaul

2 comments:

Wulan said...

Ih itu cantik banget deh yang jadi presenter VOA :D

Harrisma said...

hahaha...lolos tuh jadi presenter :D