May 02, 2013

Desa Internet


Pernahkan terpikir apakah saudara-saudara kita yang berada jauh di desa terpencil memiliki fasilitas internet? Apakah mereka mengenal facebook, twitter, blog dan semua informasi tentang teknologi internet?

Rasanya mayoritas penduduk desa di Indonesia belum merasakan itu. Selama ini teknologi internet hanya dinikmati oleh masyarakat perkotaan dan paling jauh hingga tingkat kecamatan. Karena itulah saya mempunyai cita-cita membuat sebuah program Desa Internet yang dapat mengakses teknologi internet hingga ke desa-desa terpencil.

Dengan adanya Desa Internet, penduduk desa yang tidak mempunyai perangkat komputer dan akses internet dapat menikmati teknologi ini. Tentu dengan diberikan pelatihan terlebih dahulu. Tidak tertutup kemungkinan diberikan materi pembuatan blog sehingga mereka bisa menyalurkan aspirasi melalui blog pribadinya. Termasuk potensi desa seperti produk-produk unik yang tidak ada di tempat lain, potensi wisata, dan sebagainya.

warga desa sedang menikmati internet (sumber foto : www.rakyatmerdekaonline.com)

Darimana perangkat komputer dan jaringannya?

Lewat sosial media saya ingin mengajak para netter untuk membantu menyediakan donasi perangkat komputer bekas layak internet. Dengan perkembangan teknologi komputer yang cepat, tentu semakin banyak komputer-komputer baru yang hadir dan menggantikan komputer yang lama. Bahkan dalam hitungan hari komputer atau gadget baru sudah hadir. Komputer lama yang tidak terpakai dari pada dijual murah lebih baik di donasikan saja untuk Desa Internet agar lebih bermanfaat. Saya yakin banyak orang yang akan melakukan donasi ini. Termasuk perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi pemerintah yang akan melakukan uppgrade perangkat komputernya.

Jika semua itu terwujud, saya yakin akan semakin banyak orang yang mengakses teknologi internet. Bukan hanya masyarakat perkotaan tapi sudah menjangkau desa-desa terpencil dan semakin banyak rakyat Indonesia yang memanfaatkan teknologi internet dan mengakses informasi.

0 comments: