July 27, 2010

Mobil - Mobil Ramah Lingkungan di IIMS 2010

Indonesia International Motor Show (IIMS) kembali digelar di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta . Pameran mobil yang akan berlangsung dari tanggal 23 Juli sampai 1 Agustus 2010 ini merupakan pergelaran ke-18 yang diadakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Tema yang diusung kali ini adalah Eco-Technology Motoring. Tema ini menggambarkan kebutuhan manusia akan sarana transportasi, yaitu kendaraan bermotor yang memanfaatkan teknologi dengan tetap memperhatikan ekologi sebagai dasarnya. Dengan demikian, diharapkan teknologi yang dikembangkan dapat meminimalisir kerugian ekologis dan mengurangi kerusakan ekosistem. Teknologi berorientasi pada pencegahan kerusakan, pemeliharaan keanekaragaman hayati dan pembangunan yang berkelanjutan.

Seperti kita ketahui efek pemanasan global sudah mulai kita rasakan. Contohnya adalah anomali cuaca yang sedang terjadi saat ini. Curah hujan masih tinggi dibeberapa wilayah, sementara waktu sudah memasuki musim kemarau. Industri otomotif sering dituding sebagai salah satu penyebab rusaknya lingkungan, diantaranya adalah banyaknya emisi karbon yang dihasilkan dan penggunaan bahan bakar minyak yang boros. Untuk mengantisipasi hal diatas, dalam dua dekade terakhir ini, para pelaku industri otomotif membuat beberapa terobosan dengan mengeluarkan mobil yang ramah lingkungan seperti mobil listrik, mobil tenaga surya dan mobil hibrida. Namun, diantara berbagai jenis mobil tersebut yang bisa diterima oleh konsumen dan mulai diproduksi secara massal adalah jenis mobil hibrida. Jenis mobil ini menggunakan dua sumber energi, yaitu bensin dan listrik. Kelebihan mobil hibrida selain hemat energi juga bisa menempuh jarak jauh hingga mencapai 482 km . Bandingkan dengan mobil listrik yang hanya bisa mencapai 50 km. Selain itu kecepatan mobil hibrida bisa bersaing dengan mobil konvensional. Dengan kondisi tersebut, mobil hibrida banyak diminati oleh konsumen dan beberapa produsen otomotif berlomba-lomba untuk memproduksi secara massal dan memperkenalkan kepada konsumen termasuk di pameran ini. Berikut ini beberapa jenis mobil ramah lingkungan yang hadir di IIMS 2010.

Toyota Prius Hybrid

Toyota Prius Hybrid generasi pertama dibuat pada tahun 1997. Dan sampai saat ini sudah terjual sekitar 2 juta lebih di pasar global. Hal ini menunjukkan bahwa mobil yang menggunakan batere lithium ion ini cukup diminati oleh konsumen. Kita bisa melihat lebih dekat dengan mobil yang sudah memasuki generasi ketiga ini di gerai Toyota di arena IIMS 2010 ini. Teristimewa Toyota menampilkan body cut dari Toyota Prius sehingga kita bisa melihat jeroan dari mesin hibrida ini dengan jelas. Toyota yang mengusung tema “We Innovate The Eco-Life for You” juga menampilkan mobil listrik berteknologi terkini yaitu FT-EV II (Future Toyota-Electric Vehicle II).


Uploaded with ImageShack.us
Toyota Prius Hybrid
(Klik Gambar untuk memperbesar foto)



Uploaded with ImageShack.us
Body cut Toyota Prius Hybrid


Uploaded with ImageShack.us
Future Toyota - Electric Vehicle II

Honda Hybrid CR-Z

Gerai Honda yang mengusung konsep “Honda Eco City” menampilkan mobil ramah lingkungan Honda Hybrid CR-Z. Mobil ini menggunakan mesin 1.5 liter yang dikombinasikan dengan motor listrik. Honda ingin menunjukkan bahwa mobil hibrida pun memiliki kecepatan yang mumpuni. Bila menggunakan mesin konvensional yang bekerja, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 113 hp pada 6.000 rpm. Sementara jika ingin menggunakan listrik, cukup mengaktifkan mode: eco, maka motor listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 13.4 hp pada 1.500 rpm. Honda berharap CR-Z menjadi mobil hibrida terlaris setelah pendahulunya Honda Insight. Selain CR-Z, gerai Honda yang menampilkan sebuah lingkungan ideal yang hijau, segar dan bersih, juga menghadirkan mobil konsep lainnya yaitu Honda New Small Concept dan kendaraan personal masa depan U3-X.


Uploaded with ImageShack.us
Honda Hybrid CR-Z

Daihatsu e:S

Daihatsu menampilkan mobil konsep Daihatsu e:S , singkatan dari eco & smart. Mobil ini menggunakan mesin konvensional 660 cc dan diklaim mampu menempuh jarak 30 km dengan 1 liter bensin. Mengapa bisa demikian? Daihatsu menerapkan teknologi Eshaust Gas Recirculation (ERG) dan Idling Stop System. Dengan system ini mesin akan otomatis mati jika mobil berhenti dan akan kembali hidup jika pedal gas diinjak. Selain itu, Daihatsu juga menggunakan material yang ringan untuk setiap bagian mobilnya sehingga tidak menjadi beban. Selain jenis e:S, Daihatsu juga menampilkan mobil Daihatsu F Concept.



Uploaded with ImageShack.us
Daihatsu e:S Eco and Smart



Uploaded with ImageShack.us
Daihatsu F Concept

Itulah beberapa mobil ramah lingkungan yang di pamerkan di IIMS 2010 ini. Sebelum pulang, narsis dulu didepan Mercedes-Benz E-Class Cabriolet yang menjadi bintang di film Sex and The City 2 :)


Uploaded with ImageShack.us
Me and Mercedes- Benz E-Class Cabriolet

Foto-foto koleksi pribadi

1 comments:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««