August 17, 2012

[VIVA.co.id] Sahabat Baru Blogger dan Citizen Journalist

Beberapa waktu lalu situs VIVAnews.com mengalami perubahan nama menjadi portal VIVA.co.id. Dengan perubahan nama ini dapat dengan jelas terlihat bahwa portal ini berasal dari Indonesia karena menggunakan domain dot co dot id, selain itu juga menunjukkan kecintaan dan kebanggaan akan negeri sendiri dengan menggunakan identitas tersebut. Bahkan situs dari luar negeri pun seperti google dan youtube kini menggunakan dot co dot id untuk penggunaan di wilayah Indonesia. Perusahaan luar saja pake, kenapa kita tidak?

Selain perubahan nama, ada perubahan lain juga yang cukup signifikan seperti dari sisi konten, desain dan teknologi. Dalam review ini saya ingin khusus mengulas konten yang berhubungan dengan blogger dan citizen journalist yaitu VLOG atau VIVAlog.

 Vlog atau VIVAlog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. 

Ya saya sangat senang sekali dengan adanya konten ini. Beberapa kali saya sudah mencoba dengan mengirimkan link tulisan melalui VLOG ini dan hasilnya luar biasa. Blog saya yang biasanya hanya dibaca 100-150 kali per hari bisa melonjak menjadi beberapa kali lipat. Mengapa bisa terjadi demikian?

Pihak VLOG akan menampilkan tulisan yang menarik dan menampilkan sinopsis-nya di halaman utama, lalu untuk membaca lebih lanjut, link-nya diarahkan kepada blog kita, jika tulisannya menarik tentu saja para pembaca akan membuka blog pribadi kita dan menambah jumlah pembaca dan dengan bertambahnya pembaca setiap hari tentu page rank kita akan naik dan menambah nilai tambah sebuah blog.

Ide ini sangat cemerlang dan pasti disukai oleh para blogger dan citizen journalist karena selama ini kita menulis di sebuah komunitas blog harus mendaftar terlebih dahulu dan memiliki alamat pribadi di komunitas tersebut, sedahsyat apapun tulisan kita, sebanyak apapun pembacanya, tidak akan berpengaruh terhadap blog pribadi karena tidak ada link yang mengarahkannya, yang diuntungkan hanyalah domain utama komunitas tersebut. Inilah yang menjadi pembeda dan saya salut dengan inovasi ini.

Satu contoh saya pernah mengirimkan satu tulisan tentang sebuah tempat wisata di Propinsi Banten "Pulau Peucang : Surga di Ujung Barat Jawa". Lalu oleh VLOG dimuat menjadi Headline dan bahkan dimuat juga di situs utama VIVA.co.id dan dibuat link via twitter @VIVAnews. Tentu saja para pembaca mengalir ke blog pribadi saya dan tercatat ada 1.233 pembaca! Padahal biasanya hanya ratusan dan angka tersebut rekor baru untuk jumlah pembaca. Luar Biasa!

Masuk dalam berita utama kanal VIVAnews

Rekor keterbacaan blog pribadi dan sumber pembaca dari VIVA.co.id
Kini saya mempunyai sahabat baru dan setiap tulisan di blog saya pasti akan saya link dengan VLOG. 

Terima kasih VLOG! Hidup VIVA.co.id!



14 comments:

Intran Devia said...

Wah, keren! Ada resolusi baru buat para blogger di tanah air dengan VIVA.co.id.

Teruskan yah postingan pengalaman travelling kamu. Sorot ya semua pulau-pulau surgawi yang ada di Indonesia! Penting tuh buat kemajuan pariwisata di Indonesia b^^b

So far, GOOD JOB BRO!!
Follow me : @ranndevia

jay boana said...

kerasa banget trafiknya abis ngirim di vlog yah om :D

Harrisma said...

@jay : iya, nendang abisss :D

LayakBaca said...

wah keren , aku mau ahh .. tapi tulisan ku masih terlalu berantakan :(

Harrisma said...

@layakbaca : ayo menulis aja terus nanti juga kalau sudah terbiasa akan rapi dan enak dibaca dengan sendirinya :)

Anonymous said...

Viva co.id (koit) emng slalu keren , Asal jangan koit bneran aja yaa ... :)) *peace*

Harrisma said...

@anonymous : jangan doong...;)

CiscaDV said...

Dear Harris Maulana yang baik hati, baik budi pekertinya maupun tidak sombong,
Sorry baru pertama kali komen di tulisan kamu, tapi setelah saya main ke blog kamu, aku janji akan sering main kesini, sebab blog kamu kece sih beda sama blog aku yang kece tapi memble itu. Maklum aku kan newbie gitulah.
Keep on posting tentang travelling ya, lumayan bisa jalan-jalan secara virtual lewat blog kamu.
Have a sexy working day ya, cheers!

xoxo,
@CiscaDV
Blogger Kece Tapi Memble :))

Andhika Lady Maharsi said...

Hai Haris. Ini kunjungan perdana. Suka deh sama konten2 blog kamu.

Ohya, yang vlog, aku udah sering banget denger orang ngomongin vlog. Aku mengira itu typo. Orang mau nulis Blog tapi kepleset ke huruf "V"

ternyata betulan ada. :))

Nice tips kakak. :)

*brb langsung coba*

kalau berkenan, monggo kunjung balik ya.

andhikalady.blogspot.com
beautyunder100ribu.blogspot.com

Harrisma said...

@CiscaDV : SUMPAH DEMI APA INI YANG KOMEN MBAK CISCAAAA..... *toyor kepala apakah ini mimpi*

Jual pulsa paypal said...

Wah ini kayaknya langsung coba nieh...

Harrisma said...

@Andhika : terima kasih atas kunjungannya.

Defi Laila Fazr said...

wah, katanya abis nulis buku mau pensiun ikutan kontes om. kok masih tetep eksis? hhehe..

2 jam nonstop saya habiskan utk membaca bukunya. cukup memberikan masukan tapi blm sampai membuat saya mengatakan: ohh, jadi ini toh rahasianya. masih kurang greget euy;p

Harrisma said...

@Defi : awalnya memang mau pensiun, tapi rasanya ada yg aneh kalo nggak ikut lomba. Mungkin nggak sekaligus ya, sedikit2.. duh bukunya masih kurang greget ya..maklum lah newbie :D