May 29, 2014

Dari A Sampai Z Kenapa Saya Harus ke Inggris

Kalau ditanya alasan kenapa saya harus ke Inggris terus terang saja jawabannya bingung, karena terlalu banyak alasan dan tempat yang harus dikunjungi. Mulai dari tempat-tempat yang klasik, sejarah sepakbola, legenda musik hingga cerita epik. Semua itu membuat Inggris menjadi satu tempat yang paling ingin saya kunjungi dibanding negara manapun. Jadi saya memahami betul apa yang ada dalam benak Tria sang vokalis band The Changcuter saat menyanyikan lagu "Hijrah ke London" : London, London, ingin ku kesana...."

Saya mencoba mencatat 7 alasan kenapa saya harus ke Inggris, tapi ternyata tidak cukup. Ditambah menjadi 10 masih saja belum cukup. Akhirnya - setelah ngemil Mister Potato - saya menemukan cara yang cukup adil memaparkan alasannya. Saya susun satu per satu dari huruf A sampai Z. Dan inilah 26 alasan kenapa saya harus pergi ke Inggris! 

***

A
Abbey Road

Seruas jalan menjadi begitu terkenal ketika empat orang pemuda Liverpool menyebrangi sebuah zebra cross. Ya, betul. Itulah Abbey Road yang menjadi cover album The Beatles dengan judul album yang sama. Sejak saat itu jalan tersebut menjadi terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata yang berkunjung ke Inggris terutama penggemar fanatik The Beatles. Mereka akan berfoto dan berpose dengan gaya yang sama menyebrang jalan melalui zebra cross. Jujur saya pun ketika menyebrang zebra cross dimanapun selalu teringat dengan Abbey Road.


***

B
Big Ben

Tempat ini menjadi salah satu landmark Kota London yang paling terkenal. Rasanya kurang afdol jika ke London tidak mengunjungi Big Ben. Seperti mengunjungi Paris tanpa ke Menara Eiffel atau mengunjungi Roma tidak ke Menara Pisa. Ketika saya berkunjung ke Jam Gadang di Bukittinggi saya mendapat informasi ternyata mesin Jam Gadang mempunyai kembaran yang sama persis dan itu adalah mesin yang berada di dalam jam Big Ben. Semakin penasaran saja untuk mengunjungi tempat ini.


***

C
Cab in London

Cab atau taksi di London cukup unik. Selain bentuknya kecil dan antik juga warnanya kebanyakan hitam. Sungguh berbeda dengan taksi di negara lainnya. Namun sekarang sudah banyak warna lain tapi tetap terlihat lucu dan unik. Rasanya wajib jika ke London untuk mencoba transportasi umum ini selain Double Decker Bus yang legendaris itu tentunya.


***

D
David Beckham

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi orang Inggris yang satu ini. Dialah legenda sepakbola modern. Bersama Manchester United sudah meraih berbagai piala mulai dari juara Premier League hingga Piala Champions. Atas kontribusinya terhadap sepakbola Inggris dia dianugerahi gelar ksatria atau Knight oleh kerajaan Inggris. Berbagai klub sepakbola ternama sudah dijajaginya. Setelah meraih semuanya di United dia pindah ke Real Madrid, AC Milan, Paris St Germain hingga melanglangbuana ke LA Galaxy, klub sepakbola di Amerika Serikat. Sayang karier di tim nasional kurang beruntung, walau sudah empat kali memperkuat Inggris di Piala Dunia namun tidak memberikan prestasi sebagai juara dunia.


***

E
English Premier League

Inilah liga sepakbola terbaik di dunia. Bayangkan, klub level bawah bisa mengalahkan tim juara atau tim papan atas. Seperti yang terjadi baru-baru ini, Liverpool berhasil di tahan oleh klub papan tengah Crystal Palace sehingga menutup peluang menjadi juara Liga Inggris. Selain itu Liga Inggris juga menjadi sahabat para jomblo karena pertandingan mereka yang ditayangkan pada sabtu malam menjadi penghibur ditengah kesendirian :) Sementara liga di negara Eropa lainnya bermain pada hari minggu. 


***

F
Football

Klaim orang Inggris bahwa sepakbola berasal dari negara mereka memang sulit dibantah. Football Associates (FA) adalah organisasi sepakbola pertama di dunia. Itulah mengapa tagline mereka saat menyelenggarakan Piala Eropa 1996 adalah "Football Comes Home". Sayang mereka tidak berhasil menjadi juara saat menjadi tuan rumah. Sepakbola bagi mereka sudah seperti "agama". Setiap hari minggu mereka lebih bersemangat pergi ke stadion sepakbola dibanding ke rumah ibadah dan menganggap Stadion Wembley sebagai tempat yang sakral sebagai "rumah ibadah".


***

G
Guard Welsh

Mungkin banyak yang belum tau apa itu Welsh Guard. Tapi jika diberi tahu yang dimaksud adalah tentara yang menggunakan baju merah dan bertopi tinggi pasti tau. Ya mereka adalah tentara khas kerajaan Inggris. Jika mereka sedang berjaga sangat serius, tidak bisa diganggu dan berdiri seperti patung. Kadang mereka suka diganggu seperti yang kita lihat di salah satu serial film Mr. Bean. Jadi pengen godain juga nih..


***

H
Harry Potter

Kisah penyihir cilik karya JK Rowling dari Inggris itu begitu fenomenal. Setelah bukunya menjadi best seller, tidak ketinggalan filmnya menjadi box office setiap serinya. Saya sendiri mempunyai koleksi lengkap semua bukunya dan menonton semua film mulai dari Harry Potter and the Sorcerer's Stone hingga film terakhir Harry Potter and Deadly Hallows Part 2. Saya sampai terbang ke Singapore untuk menonton premiere ini karena waktu itu film tersebut tidak masuk ke Indonesia. Jadi penasaran dengan lokasi setting film tersebut yang dilakukan di kota London dan sekitarnya.


***
I
I = Saya

Yups. Sayalah alasan utama kenapa saya harus ke Inggris. Karena saya fans sejati Manchester United dan pendukung tim nasional Three Lions, pembaca dan penonton setia Harry Potter, penyuka film-film James Bond, penikmat lagu-lagu The Beatles dan pengumpul barang-barang theme Union Jack. Sudah waktunya menjelajahi lorong-lorong kota London, menyibak misteri seperti dalam cerita Sherlock Holmes.

  
***

J
James Bond

Satu kisah lagi yang tidak bisa dilepaskan dari Inggris adalah James Bond. Agen MI-6  dengan kode 007 itu begitu legendaris. Saat ini sudah 50 tahun James Bond dibuat dalam layar lebar dan masih digemari oleh penonton di seluruh dunia. Sudah ada 6 orang yang memerankan James Bond. Syarat khusus yang harus dipenuhi oleh pemerannya adalah harus bisa aksen Inggris, ganteng, jago berkelahi dan pandai merayu. Ciri khasnya ketika berkenalan dengan perempuan adalah, "My name Bond. James Bond."


***

K
King Cross Station


Stasiun King's Cross adalah stasiun kereta api utama di London, Inggris. Jadi semacam Gambir-nya London. Stasiun ini berada di ujung timur laut Central London dan pertama kali dibuka pada tahun 1852.Pembangunan stasiun ini diprakarsai oleh George Turnbull pada 1848. Sedangkan desain detilnya dibuat oleh Lewis Cubitt. Apa yang membuat penasaran? Masih ingat dengan Gate 9 3/4 yang digunakan Harry Potter saat akan berangkat naik kereta ke Hogwards? Nah tempat itu ada disini. 


***

L
London Eye

Singapura boleh memiliki Singapore Flyer. Jakarta punya Bianglala dan London punya ikon baru sejak tahun 2000 : London Eye. Diberi nama tersebut karena jika malam hari dan diterangi oleh lampu maka akan menyerupai sebuah mata. London Eye dapat mengangkut 800 penumpang dalam satu kali putaran yang ditempuh dalam waktu 30 menit. Dan dari puncak tertinggi akan melihat keseluruhan Inggris sejauh 40 kilometer.


***

M
Museum The Beatles


Saat SMP saya menyukai lagu-lagu The Beatles. Bukan karena nama salah satu personelnya mirip nama saya lho, tapi memang benar-benar suka :D Saat itu saya baru tahu ternyata grup ini sudah bubar. Sedih juga saat tahu hal ini dan mulai mencari lebih jauh asal muasal grup ini. Dan semuanya berawal di Britannia Vaults, Kings Dock St, Liverpool. Tempat Museum The Beatles Story ini berdiri. Di tempat inilah tersimpan memorabilia sejak The Beatles berdiri sampai akhir John Lennon meninggal dan Paul McCartney bersolo karir. Di dalamnya terdapat replika patung keempat pemuda asal Liverpool : John, Paul, Ringo dan George, seperti replika yang ada di Museum Madame Tussaud's Hong Kong yang saya kunjungi 2012 silam. "...I wanna hold you hand...."   


***

N
Number 10 Downing Street

Downing Street No. 10 adalah tempat di mana Perdana Menteri Inggris tinggal dan berkantor selama dua ratus tahun lebih tepatnya sejak tahun 1732 ketika Raja George II memberikan sebuah rumah kepada Robert Walpole, PM Inggris pertama.  Downing Street adalah sebuah jalan kecil di Jalan Raya Whitehall, City of Westminster, London. Jaraknya tidak jauh dari Gedung Parlemen Inggris yang terkenal dengan Big Ben. Tetangganya yaitu Downing Street No. 11 digunakan untuk rumah dinas menteri keuangan Inggris.PM berkantor di lantai satu dan tinggal bersama keluarga di lantai dua. Menurut PM Margaret Thatcher seperti tinggal di ruko. Ada peluang nggak ya berkunjung ke rumah ini? 


***

O
Old Trafford

Stadion sepakbola kebanggaan klub Manchester United ini terletak di Sir Mat Butsy Way, Greater Manchester. "Theatre of Dreams" demikian julukan dari Sir Bobby Charlton kepada stadion terbesar kedua di Inggris Raya ini setelah Wembley. Stadion dengan kapasitas 76.212 ini dibangun pada tahun 2010. Berkunjung ke tempat ini merupakan impian pada fans The Reds Devils dari seluruh penjuru dunia. Termasuk saya yang menjadi fans sejak era Eric "the King" Cantona. Semoga suatu hari bisa kesana dan tour melihat koleksi trofi dari berbagai kejuaraan baik level liga Inggris hingga Eropa. Dan ingin membandingkan juga sih dengan piala yang ada di Stadion Etihad.


***

P
Phonebox

Satu keunikan di Inggris adalah masih terawatnya phonebox alias telepon umum. Walau saat ini teknologi komunikasi sudah canggih dengan adanya smartphone yang bisa dibawa kemana-mana, namun keberadaan phonebox dengan khas warna merah menyala masih bisa dijumpai dipenjuru kota-kota di Inggris. Apakah masih bisa berfungsi? Nah inilah salah satu alasan kenapa saya harus ke Inggris yaitu untuk mencoba apakah telepon umum ini masih berfungsi! Gila mau nyoba telepon umum aja sampe bela-belain harus ke Inggris. 


***

Q
Queen House

Inilah rumah sang Ratu Elizabeth. Selain Queen House tempat ini juga dikenal sebagai Buckingham Palace. Orang yang berkunjung ke kediaman ratu harus berpakaian rapi. Walau tidak ada aturan tertulis tetapi pengunjung biasanya menggunakan jas atau seragam kerja karena menghormati keberadaan sang ratu yang begitu diagungkan oleh masyarakat Inggris. Ada keunikan tersendiri di tempat rumah ini. Entah sang ratu hobi koleksi jam atau sifatnya yang tepat waktu, disini ada sekitar 350 buah jam dengan akurasi yang tepat. Setiap minggu ada 2 orang ahli jam yang memeriksa dan memutar jam-jam tersebut agar tetap akurat dan terawat.


***

R
Robin Hood

Satu lagi legenda dari tanah Inggris. Robin of Loxley atau dikenal sebagai Robin Hood. Kiprahnya yang membela kaum miskin selalu dikenang oleh rakyat Nottingham. Sudah beberapa kali diangkat menjadi sebuah film atau serial televisi. Namun ada dua yang cukup menyentuh yaitu Robin Hood Prince of Thieves (1991) yang diperankan oleh Kevin Costner dan Robin Hood (2010) yang diperankan oleh Russel Crowe. Dua-duanya epic dan memiliki khas tersendiri.


***

S
Sherlock Holmes Museum

Sir Arthur Conan Doyle begitu jenius menciptakan tokoh Sherlock Holmes. Pemikirannya begitu visioner melewati jamannya. Bahkan masih bisa diterima oleh akal sehat hingga saat ini. Teka teki dan alur pikiran yang rasional termasuk rumusan kimia yang rumit. Sebagai apresiasi kepad Sir Arthur pemerintah kota mendirikan Museum Sherlock Holmes dengan gaya tahun 1815 yang terletak di  221B Baker Street. Museum ini berisi memorabilia Sherlock Holmes sesuai dengan cerita dan bangunannya persis sesuai dengan deskripsi dalam novel. Apakah sesuai dengan imajinasimu? Jadi ingin mencoba misteri 17 langkah dari lantai dasar ke lorong di lantai satu. Penasaran juga dengan kamar milik Dr. Watson, partner in crime -nya Holmes.


***

T
Travalgar Square

Tempat ini semacam alun-alun yang berada di tengah kota tempat berkumpulnya masyarakat London jika ada acara penting. Seperti acara Royal Wedding William - Kate saat pernikahan mereka beberapa waktu lalu. Awalnya tempat ini bernama King William VI Square. Kemudian George Ledwell,sang arsitek mengganti namanya menjadi Trafalgar Square sebagai bentuk peringatan pertempuran Trafalgar yang meletus pada tahun 1805. Terdapat satu patung khusus bernama Nelson Column, sebuah monumen setinggi 50 meter untuk mengenang Laksamana Horatio Nelson yang tewas pada pertempuran Trafalgar. 


***

U
Union Jack

Union Jack adalah bendera Britania Raya (United Kingdom / UK) yang merupakan kumpulan dari bendera negara-negara anggotanya yaitu Inggris, Wales, Irlandia Utara, Skotlandia. Keunikan bendera ini memberi inspirasi orang-orang untuk membuat barang dengan motif union jack. Mulai dari baju, perhiasan, hingga mobil. Banyak juga orang yang mengoleksi barang dengan motif ini, termasuk saya walau koleksinya masih terbatas :)


***

V
VisitLondon.com

Jika ingin mengenal lebih jauh lagi tentang London silahkan buka website VisitLondon.com, disana kita akan menemukan berbagai informasi lengkap seputar Kota London mulai dari akomodasi, transportasi, atraksi, dan sebagainya. Website official visitor guide ini akan selalu update event-event yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 


***

W

Westminster Abbey


Tempat ini adalah sebuah gereja dengan arsitektur gothic bernama The Collegiate Church of St Peter, Westminster, London namun lebih dikenal sebagai Westminster Abbey. Tempat ini juga merupakan tempat tradisi penobatan raja dan ratu Inggris sekaligus pemakaman mereka. Ada satu tradisi yang dimulai oleh Ibunda dari Ratu Elizabeth, saat menikah dengan Raja George VI yaitu sang mempelai wanita kerajaan selalu menaruh bunga pernikahannya pada makam prajurit tak dikenal di Westminster Abbey. Adapun orang tidak dikenal yang terakhir kali dimakamkan di Westminster Abbey adalah seorang prajurit Prancis pada tahun 1920 yang dikenang sebagai "Makam Sang Prajurit Tanpa Nama Terakhir". 


***

X

Xmas in London


Kalau melihat di film-film sih rasanya asyik merasakan suasana London saat Xmas atau natal sampai liburan tahun baru. Suasananya begitu syahdu dengan turunnya salju di musim dingin. Selain keesokan harinya pada tanggal 26 Desember diadakan pertandingan sepakbola Liga Inggris yang biasa disebut Boxing Day dan jika menang tentu menjadi kado (box) yang indah untuk para fans. Masih ragu dengan gelar liga sepakbola terbaik di dunia?


***


Y

York

York ialah sebuah kota tua di North Yorkshire, Inggris, dekat Sungai Ouse dan Foss. York didirikan pada tahun 71 oleh bangsa Romawi sebagai Eboracum. Kota ini merupakan ibukota historis Yorkshire. Setelah bangsa Anglia pindah ke tempat ini, kota ini bernama Eoferwic, dan menjadi pusat Kerajaan Northumbria. Beberapa tempat menarik di York antara lain Katedral York, dinding kota York dan Clifford's Tower. Adapun nama Kota New York di Amerika diambil dari nama kota ini karena kota lama New York (New Amsterdam) diambil alih oleh bangsawan Inggris yang berasal dari York.


***

Z
Zoological Society of London

ZSL didirikan oleh Sir Thomas Stanford Raffless dan kawan-kawannya pada tahun 1826. Ya Raffless yang pernah menjadi Gubernur Jendral Hindia Belanda dan ikut mengembangkan Kebun Raya Bogor (KRB) sehingga memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 15.000 buah. Tujuan dari ZSL ini adalah mengumpulkan koleksi satwa dan menjadi salah satu kebun binatang terbesar di dunia. Jadi jika KRB mengoleksi tumbuhan, kalau ZSL mengoleksi satwa. Itulah persembahan Raffless untuk Kota Bogor dan London. 


***

Itulah 26 alasan kenapa saya harus mengunjungi Inggris. Dan satu yang membuat penasaran adalah konon kabarnya anak-anak balita disana sudah pandai berbahasa Inggris :D Semoga suatu hari bisa kesana ya. 

I'm coming Mister....   

7 comments:

Winda Krisnadefa said...

dahsyat bener nih niatnya...hahahaa.good luck, kang.. :D

Harrisma said...

Hehehe.... makasih mak... :)

dearmarintan said...

26 alasan dan semuanya keren-keren! Aku aja cuma satu-dua alasan hahahaha... mudah-mudahan bisa kepilih jadi salah satu pemenang yang ke Inggris yaaa :)

Harrisma said...

Thanks marintan..ayo kamu bisaaa....

mrbedel hoki said...

hohoho.....
ini jurus yang ada di bukunya ^_^

kemaren sempat ane mo pake yang ini untung ga jadi, coz masternya juga make :D

keren suhu....
semoga kesampean impiannya ya
amin amin amin....

Santi Dewi said...

Keren nih... sukses ya..

pulpn said...

mantap emang london