July 20, 2011

Blogger's Day : Pencernaan Sehat, Awal Hidup Sehat

Selasa 19 Juli 2011 diadakan acara Blogger's Day di Hong Kong Cafe, Jl Sunda Jakarta. Acara ini bertema "Pencernaan Sehat, Awal Hidup Sehat" diselenggarakan oleh Activia, sebuah produk minuman suplemen yoghurt yang di produksi oleh Danone. Acara diawali oleh hidangan makan malam, lalu para blogger yang diundang mengikuti acara yang berlangsung santai dan diselingi oleh games yang menarik.

Pembicara pertama menghadirkan DR dr Saptawati Bandosono, seorang ahli gizi dari Universitas Indonesia. yang membahas tentang pencernaan, mulai dari fungsi, penyerapan sampai pengeluaran (BAB). Bagaimana pola hidup dan makan yang sehat sehingga pencernaan dapat berfungsi dengan baik. 

Pola makan yang tidak baik dapat menyebabkan konstipati, yaitu kesulitan dalam buang air besar, gejala difekasi yang tidak memuaskan yang ditandai oleh buang air besar kurang dari 3 kali seminggu atau kesulitan dalam evaluasi fesco akibat feces (kotoran) yang keras. Jika pola makan baik feses yang ideal adalah yang menyerupai pisang atau sosis. Sedangkan jika keras dan berbentu seperti baso berarti kurang mengkonsumsi buah dan sayuran. Sedangkan terlalu encer atau mencret juga kurang baik karena terlalu banyak mengeluarkan cairan.

Fakta dan Mitos Yoghurt

Materi selanjutnya yang disampaikan adalah Fakta dan Mitos tentang Yoghut yang disampaikan oleh Thierry De Teco, R&D Director Danone Dairy Indonesia. 

Mitos : Yoghurt Susu Basi
Fakta : Yoghurt Susu Segar

Yoghurt terbuat dari susu segar yang berkualitas, lalu difermentasikan dengan 2 bacteri baik . Lactobacillus Bulgarian dan Streptocaccas Thermopillus. 2 bakteri ini memfermentasikan laktosa (gula susu) menjadi asam laktosa yang membuat teksture susu menjadi lebih kental dan asam.

Mitos: Yoghurt dapat menyebabkan maag dan diare
Fakta: Yoghurt aman untuk lambung

Lambung memiliki PH 1 sedangkan yoghurt PH 4, dulu awal pembuatan yoghurt justru untuk obat diare.

Mitos : Hanya untuk orang dewasa, tidak cocok untuk anak-anak
Fakta : Cocok untuk semua usia

Yoghurt malah dianjurkan untuk anak yang tidak suka minum susu, bisa jadi minuman pengganti dengan kadar protein yang sama.

Mitos : Yoghurt hanya untuk diet
Fakta : Yoghurt bagian dari gaya hidup sehat
Yoghurt dapat membantu kesehatan selama kita : makan fasfood, kurang olahraga yang teratur, merokok, kurang minum air putih. Jika itu terjadi maka butuh suplemen seperti yoghurt.

Mitos : Semua yoghurt sama
Fakta : tidak semua yoghurt sama

Yoghurt yang baik adalah : mengandung minimal 2 bakteri baik, jumlah bakter minimal 10 pangkat 6, umur produksi 35 hari dan tidak mengalami proses UHT

 Mith and Fact Yoghurt by Thierry De Teco, R&D Director Danone

Meracik Menu Sosial Media Untuk Santapan Personal Branding

Acara kumpul Blogger rasanya kurang apabila tidak menghadirkan praktisi media. Kali ini yang hadir menjadi pembicara adalah Catur WP (@caturwp) seorang praktisi Sosial Media dan pakar komunikasi. Dalam paparannya beliau menyebutkan bahwa sosial media itu seperti makanan, mana yang akan kalian pilih. Tentu tidak semua harus dimakan kan? nanti malah kekenyangan. Selain itu perlu mengkombinasikan beberapa sosial media untuk personal branding. Seperti nya hal ini sudah sangat dipahami oleh para blogger yang hadir. Ada beberapa tips yang menarik untuk para sosial media addict seperti untuk melakukan tweet yang baik cukup 6-11 kali per hari, buat status FB 4-5 kali sehari, update blog 1-2 kali sehari. Dengan demikian akan terjaga personal branding yang terjadi.

 Meraci SocMed for Personal Branding by CaturPW

Tidak terasa acara sudah akan berakhir. Acara ditutup dengan penarikan doorprise berupa sepeda fixie yang cantik dan hardisk untuk 3 orang beruntung. Sayang nomorku ga nyangkut :(

Pemenang Doorprise Sepeda Fixie

Terima kasih untuk Activia Danone yang sudah mengundang kami para Blogger untuk ikut dalam acara yang seru ini, sekedar saran dari kami jika mengadakan acara seperti ini sebaiknya selain adanya Doorprise juga diadakan lomba penulisan report acara tersebut sehingga para blogger lebih bersemangat dalam menyimak materi yang dibahas dan pasti akan berlomba-lomba menulis dengan baik. Atau bisa juga dengan mengadakan lomba live tweet pada saat acara dan akan diberi hadiah jika memberikan informasi yang update dan akuran kepada para follower.

Beberapa Blogger yang hadir

*) Sumber Foto : www.facebook/ActiviaIndonesia

3 comments:

isnuansa said...

Keren. Mantap memang acaranya. :D

Harrisma said...

Hehehe.. kalo ada event seperti ini lagi kabar2i ya :)

Anonymous said...

Artikelnya menarik gan