July 13, 2014

Menjajal KIA Morning, Kembaran KIA Picanto Versi Hemat

KIA merilis mobil baru yaitu seri KIA Morning. Sepintas mobil ini mirip dengan pendahulunya yaitu KIA Picanto yang sudah terlebih dahulu hadir di dunia otomotif tanah air. Namun ada perbedaan yang cukup signifikan yaitu KIA Morning mengusung mesin 1.000 cc dan 3 silinder.

Dengan mesin tersebut tentu saja bahan bakar menjadi lebih irit. Hasil test drive menunjukkan angka 1:22. Namun hasil tersebut tentu akan berbeda tergantung kondisi jalanan, kecepatan dan gaya menyetir sang pengemudi.

Untuk bagian eksterior semua hampir sama dengan KIA Picanto. Itulah mengapa saya sebut kembaran. Namun jika diteliti lebih jauh ada perbedaan lampu belakang. Picanto sudah mengusung lampu LED. Selain itu velg KIA Morning masih standar. Namun hal ini bisa di uppgrade lagi sesuai selera. Lengkapnya adalah : stylish grill, urban headlamp, stand out rear lamp dan trendy rear wiper.

Sedangkan untuk bagian interior juga hampir sama. Ada beberapa yang dikurangi fungsinya seperti tidak ada electric mirror, double din standard dan tidak ada sensor parkir. Selengkapnya yaitu adanya audio USB, ipod connectoon dan SD card. Speedo meter dengan trip komputer, display penggunaan bahan bakar eco technology, setir yang bisa disesuaikan (tilt steering wheel) dan motor driven power steering.

Akan tetapi pengurangan tersebut tidak mempengaruhi performa. Bahkan dari penggunaan bahan bakar lebih irit. Mesin sangat energic dan efficient. Max power 69 ps @ 6.200 rpm dan max torque 9.6 kg~m @ 3.500 rpm.

 Kondisi kursi pengemudi juga nyaman, kaki tidak mentok di dashboard. Begitu juga kursi penumpang yang masih lega walau mobil ini termasuk imut. Sedangkan bagasi cukup lapang bisa memuat tiga buah galon air mineral. Selain itu banyak juga tempat penyimpanan barang seperti laci di bawah kursi.

Dan yang paling menarik adalah harga yang ditawarkan yaitu sekitar Rp.128.000.000,- on the road. Harga ini jauh dibawah KIA Picanto yang berkisar Rp.144.000.000,-

Jika dibandingkan dengan mobil murah dari kompetitor KIA Morning lebih unggul dalam beberapa hal. Walau harga masih diatas mobil murah tersebut.

Skema pembayaran pun cukup menarik. Ada penawaran DP sekitar Rp.35.000.000,- atau cicilan hingga Rp.1.500.000,- per bulan dengan lama waktu hingga 5 tahun.

Tertarik? Silahkan datangi dealer KIA terdekat dan lakukan test drive. Ada 9 pilihan warna ceria menanti untuk dicoba :)


0 comments: