April 20, 2011

Smarter Computing for Smarter Planet


Saat ini hampir semua orang di planet ini sudah dapat merasakan manfaat komputer beserta teknologinya. Dengan memanfaatkan komputer pekerjaan menjadi mudah, cepat dan efisien. Begitu juga pemanfaatan internet, dalam sekejap setiap orang akan tahu apa yang terjadi di belahan dunia lain.

Dengan adanya komputer, kita saling terkoneksi satu sama lain, baik secara individu maupun secara sistem. Seiring dengan itu, dampak globalisasi baik bidang ekonomi, sosial maupun teknologi akan semakin cepat menjalar ke penjuru planet. Krisis ekonomi di suatu negara akan terasa akibatnya di negara lain. Trend gaya rambut Justin Bieber di Amerika akan mudah ditiru oleh para remaja di Indonesia. Gadget yang baru di lauching, dengan mudah kita dapat segera mengetahuinya. Inilah efek globalisasi.

Namun hal ini jangan dijadikan hambatan untuk berkembang dan takut menghadapi globalisasi. Kita harus terlibat jika tidak ingin terseret oleh arus globalisasi. Justru ini akan menjadi tantangan bagi kita untuk lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada.
Bagaimana membuat Smarter Planet dengan Smarter Computing?
Kita bisa berkontribusi untuk menciptakan Smarter Planet sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Seperti yang telah diungkapkan diatas, saat ini setiap individu, bahkan setiap perusahaan, kota, propinsi, negara saling terkait satu sama lain yang dilengkapi beberapa instrumen dan kecerdasan dengan tujuan untuk efektifitas dan efisiensi. Dengan demikian akan menghasilkan sebuah dunia yang cerdas. A Smarter Planet!

Contoh Smarter Computing, dahulu untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas cukup menggunakan lampu lalu lintas merah-kuning-hijau. Kini seiring dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan, lampu lalu lintas perlu ditambah penunjuk waktu berapa lama harus berhenti atau jalan. Atau untuk mengambil uang tunai kita tidak perlu antri di bank, cukup ambil di ATM, bahkan tidak perlu di ATM bank yang bersangkutan karena sudah ada jaringan antar bank. Dan masih banyak contoh Smarter Computing lainnya yang mempermudah dan menciptakan efisiensi.
Smarter Planet tidak lahirkan tapi diciptakan karena kita membutuhkannya.

1 comments:

Natalia Rahmawati said...

Numpang promo ya gan..:D
LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA /MINGGU
Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. Lebih Jelasnya kirimkan Nama LENGKAP & EMAIL ANDA.
Buka http://www.penasaran.net/?ref=7syen5