April 20, 2011

Kartini Digital Ditengah Arus Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

Dalam dua dekade terakhir ini, teknologi informasi dan telekomunikasi  banyak mengalami perkembangan yang pesat. Banyak manfaat yang didapat dengan memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Demikian juga dengan teknologi dalam bidang komunikasi, teknologi digital membuat semua orang dapat menikmati kemudahan dalam berkomunikasi dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Peran teknologi informasi dan telekomunikasi dalam pemberdayaan wanita antara lain dapat memanfaatkan internet untuk sesuatu yang positif. Dengan memanfaatkan internet yang kini bisa dengan mudah di akses dari rumah atau dari handphone wanita bisa berperan dalam mengembangkan usaha atau bisnis sesuai dengan minat dan hobi sesuai  kapasitas dan kemampuannya. Wanita jangan mau dicap sebagai kaum konsumtif yang hanya memanfaatkan teknologi  terbaru untuk kepentingan lifestyle. Memburu handphone atau gadget terbaru agar tidak disebut ketinggalan jaman. Pemanfaatannya hanya sebatas update status sosial media seperti Facebook atau  nge-tweet agar tetap dianggap eksis, membuka website hanya untuk melihat gosip seleb terbaru, broadcast berita atau gambar yang nggak penting bahkan HOAX. Ada juga  yang malu saat diminta PIN sebuah gadget karena belum memiliki. Aduh kalau yang ini bukan Kartini Digital deh.
Kartini Digital dapat memulai memanfaatkan teknologi informasi seperti internet untuk sesuatu yang produktif. Jangan hanya jadi konsumen saja, jadilah produsen! Jika hobi menulis, dapat memanfaatkan internet dengan membuat blog yang kini semakin mudah diakses berbasis blogspot atau wordpress. Dapat juga menulis langsung di blog media seperti kompasiana atau blogdetik. Semuanya mudah dan gratis tidak perlu memikirkan pembayaran hosting dan bandwith.

Menulis juga bisa apa saja, mulai dari resep memasak, cerita ringan sampai pengalaman saat berkunjung ke suatu tempat. Banyak penulis wanita yang lahir dari awal seperti ini seperti Trinity dan Nonadita yang sudah melanglang buana ke berbagai pelosok negeri bahkan keluar negeri berkat menulis lewat blog. Kumpulan tulisannya pun sudah dibuat dalam beberapa buku. Ada juga penulis yang mengkhususkan diri menulis untuk mengikuti suatu lomba yang berhadiah wah, ya seperti XL Kartini Digital ini, lebih dari lumayan kan kalau dapat iPAD :)

Jika ingin lebih fokus dapat membuat sebuah website yang sesuai dengan bidang yang diminati. Ini menunjukkan bahwa kita serius dan profesional dalam bisnis tersebut. Cukup banyak pengusaha wanita yang sukses dengan menjalankan bisnis online ini. Mereka inilah Kartini Digital yang sesungguhnya. Mereka dapat memanfaatkan kemajuan teknologi menjadi jembatan untuk menyalurkan minat atau hobi bahkan bisnis yang menghasilkan materi yang lumayan.
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi merupakan jembatan untuk memberdayakan  kaum wanita, sekarang saatnya Kartini Digital memanfaatkan peluang tersebut.
Saya yakin, jika Ibu Kartini hadir pada saat ini, beliau akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi semaksimal mungkin. Beliau akan membuat sebuah website, mungkin namanya www.kartini.com agar mudah diingat. Disana beliau juga akan menulis semua apa yang dicita-citakannya. Menulis e-book "Habis Gelap Terbitlah Terang" dan tidak perlu berkirim surat lagi dengan sahabat-sahabatnya di Belanda, cukup dengan e-mail dan saat itu juga bisa langsung dibaca, bahkan bisa berhubungan langsung via chatting.

Ayo para wanita manfaatkan teknologi yang ada dan jadilah Kartini Digital masa kini yang produktif dan bermanfaat bagi negeri.

1 comments:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««