October 21, 2012

Wego to Social Media Festival 2012

Tanggal 12-14 Oktober 2012 lalu diadakan Social Media Festival yang diselenggarakan di pelataran Gelanggang Renang Istora Jakarta. Berbeda dengan tahun lalu yang diadakan di Epicentrum Walk Kuningan, kali ini diadakan di area terbuka yang terdiri dari tenda-tenda kecil yang berderet rapi. Jika cuaca sedang tidak bersahabat tentu akan panas menyengat, para pengunjung biasanya segera mengunjungi booth Acer Indonesia yang memiliki fasilitas AC atau melipir di booth Nescafe untuk membeli minuman dingin yang menyegarkan.

Pemilihan lokasi ruang terbuka juga mungkin ingin menunjukkan kepada pengunjung yang aktif di media sosial bahwa global warning selama ini kita takutkan ternyata kita sudah mengalaminya. Selama ini kita terbuai oleh nyamannya udara palsu yang menggunakan AC baik di mall, kantor atau rumah, kini dengan udara terbuka, dengan udara alami yang panas, para pengunjung langsung merasakan dampak global warming secara langsung. *lap keringet*

Dari beberapa booth yang ditampilkan ada satu booth yang menarik perhatian yaitu WEGO.CO.ID. Website ini memberikan informasi penerbangan dari harga yang paling murah hingga yang mahal. Ketersediaan seat, dll. Tentu ini akan sangat berharga bagi para pengunjung yang memiliki hobi traveling atau jalan-jalan. Selain informasi penerbangan juga ada informasi hotel.

Dalam kesempatan tersebut pada hari minggu pukul 17.00 WIB diadakan talkshow seputar Wego Indonesia ini. Hadir sebagai pembicara adalah Managing Director Wego Indonesia Graham Hills, Priska Raharjo dari Dive Indonesia, Benny Kadarhariarto dan Yudhie Fardhani dari DSLR Cinematography Indonesia.

Menjalin kerjasama dengan DSLR Cinematography Indonesia dan Dive Indonesia, Wego Indonesia akan membuat inovasi kolaborasi unik di Social Media Festival 2012, yaitu sebuah video travel yang diberi nama #IniIndonesia. Keunikan dari video ini terletak pada proses pembuatannya. Tidak datang dari ketiga penggagas video tersebut melainkan datang dari para followers kami di Twitter.

Video #IniIndonesia adalah sebuah video travel singkat yang menunjukkan tempat-tempat menarik di seantero nusantara. Semua lokasi pengambilan gambar dari video travel #IniIndonesia merupakan usulan para follower kami di Twitter. Bagaimana caranya? Sebelum proses produksi dimulai, @WegoID, @DiveID, dan @DSLRcinemaindo bersama-sama menanyakan lokasi-lokasi menarik di Indonesia kepada followers, sekaligus menanyakan alasan mereka. Usulan itu lah yang diwujudkan dalam bentuk sebuah audio dan visual.

Sejak 3 Oktober 2012 hingga 12 Oktober 2012, follower @WegoID, @DiveID dan @DSLRcinemaindo menyebutkan destinasi menarik versi mereka dengan menggunakan tagar #IniIndonesia.  Beberapa destinasi yang kerap disebut ialah Kepulauan Seribu, tiga gili terkenal Lombok (Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air), Derawan Kalimantan, Yogyakarta, dan Bromo.

“Social Media Festival 2012 merupakan kesempatan bagus untuk Wego Indonesia bertemu dengan komunitas Wegonesia, sekaligus memperkenalkan diri lebih luas kepada pengguna social media di Indonesia,” kata Managing Director Wego Indonesia Graham Hills.

Sebetulnya bukan sekali ini saja Wego Indonesia menggandeng komunitas lokal untuk memproduksi video travel. Pada Juni 2012, Wego Indonesia pernah bekerjasama dengan komunitas perjalanan Hifatlobrain Travel Institute. Hasilnya, video travel Vaastu yang ditonton secara online oleh ribuan orang.

“Kali ini  Wego Indonesia sengaja berkolaborasi dengan DSLR Cinematography Indonesia dan Dive Indonesia untuk membuat video unik tentang destinasi Indonesia. Kami berharap video unik ini bisa menunjukkan kekayaan, keragaman dan keindahan destinasi lokal. Sehingga mampu menginspirasi orang muda Indonesia untuk lebih bersemangat mengeksplorasi negeri sendiri,” kata Hills.

Tujuan ini selaras dengan misi Wego Indonesia untuk terus mengenalkan destinasi-destinasi baru di Indonesia, membuat orang lebih sering melakukan perjalanan di negeri sendiri. Awal 2012, Wego meluncurkan situs mesin pencari berbahasa Indonesia beralamat di www.wego.co.id, untuk membantu traveler merencanakan perjalanan mereka, dengan semangat “save time, pay less, travel more”.

Here Wego!

0 comments: