July 22, 2014

Up, Close & Personal with Suryo Suwignjo, CEO Philips Indonesia

Bersamaan dengan buka puasa bersama, Philips Indonesia pada tanggal 21 Juli 2014 mengadakan gathering bersama Bapak Suryo Suwignjo yang menjadi CEO Philips Indonesia. Bapak Suryo ini baru menjabat sebagai CEO baru tiga bulan (April 2014) setelah sebelumnya 24 tahun mengabdi pada perusahaan IBM Indonesia.

Kesempatan bertemu, ngobrol dan bertanya dengan seorang CEO sebuah perusahaan multinasional bisa dikatakan sangat jarang terjadi, namun Philips mengadakan acara tersebut untuk lebih mengenal apa dan siapa itu CEO Philips. Dalam kesempatan tersebut Pak Suryo berbincang dengan santai dengan para undangan yang terdiri dari blogger berbagai komunitas dan beberapa mahasiswa universitas ternama. Dipandu oleh blogger senior Ndorokakung acara berlangsung meriah dan hangat.

Ndorokakung yang menjadi moderator dalam acara Bincang Philips
bersama CEO Philips Indonesia Suryo Suwignjo

Setelah sesi buka puasa dengan makan bersama selesai acara kemudian dimulai dengan pemutaran video tentang napak tilas Philips di dunia. Berdiri di Eindhoven Belanda sejak tahun 1891 oleh tiga orang Gerard, Frederick dan Anton Philips. Awalnya memproduksi lampu lalu berlanjut pada produk gaya hidup dan kesehatan hingga kini. Empat tahun berselang yaitu tahun 1895 produk Philips sudah masuk ke Indonesia. Jadi sudah 100 tahun lebih perusahaan tersebut sudah hadir di Indonesia, melebihi hari kemerdekaan kita. Saat ini Philips sudah hadir di lebih dari 160 negara di dunia.

Fokus Philips pada inovasi. Karena apa yang kita nikmati hari ini adalah hasil dari inovasi. Inovasi tidak terpaku pada hal-hal yang rumit. Hal sederhana pun bisa dikatakan inovasi. Pak Suryo mencontohkan kertas "Post-It" yang merupakan kertas yang diberi lem sehingga bisa menempel dan bisa menjadi catatan ringan atau reminder. intinya adalah jangan puas dengan "status quo". Jangan puas dengan keadaan sekarang. Inovasi terus.Philips sendiri sangat terbuka bagi konsumen untuk memberikan ide atau inovasi agar bisa membuar produk yang bermanfaat. Saya jadi ingat beberapa waktu lalu Philips mengadakan lomba inovasi produk yang nantinya akan diproduksi massal.

Saat ini inovasi andalan dari Philips adalah lampu LED yang bisa tahan dalam waktu 15 tahun. Saya jadi ingat beberapa tahun lalu Philips mempunyai tagline "Terus terang Philips terang terus". Beberapa lokasi di Jakarta sudah menggunakan lampu LED ini seperti Bunderan HI, Monas, Kepulauan Seribu, Banjir Kanal Timur, dll. Begitu juga di kota lain seperti Gedung sate dan jembatan Pasupati di Bandung, Jembatan Ampera, Jembatan Suramadu, dll. Ini adalah salah satu kontribusi Philips untuk pemerintah dengan pembiayaan 50:50 atau semi CSR.

Produk Philips di bidang kesehatan sangat sarat dengan inovasi. Jadi bukan produk kesehatan yang asal-asalan. Perlu riset yang cukup panjang. Itulah mengapa produk Philips harganya diatas harga produk lainnya. Salah satu produk andalannya adalah mother care berupa breast pump, sterilisasi, foto janin 4 dimensi yang mirip foto biasa. Ada juga ring untuk penyalur aliran darah dari jantung yang tersumbat, dll.

Saat sesi tanya jawab saya sendiri bertanya kepada Pak Suryo, "Apa pertimbangan bapak untuk pindah ke Philips Indonesia setelah 24 tahun di IBM? Apa motivasinya." Pak Suryo sendiri menjawab ingin adanya tantangan baru dan selama ini CEO Philips Indonesia diisi oleh orang asing. Jadi Pak Suryo ini orang Indonesia pertama yang menduduki jabatan puncak. Dan itu diraih dalam usia 48 tahun. Selain itu bisnis IBM hanya B2B (Business to Business) sedangkan Philips B2C (Business to Consumers). Jadi inilah salah satu tantangannya.

Ketika saya bertanya diabadikan oleh @IbuFadlun

Beberapa peserta lainnya bertanya mengapa harga produk Philips mahal, apakah tidak bisa menjangkau semua lapisan masyarakat? Pak Suryo menjawab dengan diplomatis bahwa semua produk Philips perlu riset terlebih dahulu yang memakan biaya dan waktu, itulah mengapa harga produk menjadi premium, ada biaya untuk riset yang tidak sedikit. Selain itu hasil risetpun jika tidak cocok tidak akan dipakai padahal sudah mengeluarkan biaya cukup banyak.

Tetapi sebenarnya ada juga produk yang bisa dijangkau oleh masyarakat bawah, seperti produk menanak nasi yang harganya bersaing dengan produk korea. Bahkan ada inovasi tambahan seperti bisa menyimpan lauk-pauknya, bukan hanya nasi, tanpa terkontaminasi baunya. Ada juga lampu pijar yang harganya hanya 3.000an.

Selain itu ada juga program CSR seperti Kampung Terang Philips yang awalnya tidak ada listrik dan lampu, kemudian disulap menjadi terang benderang. Kerjasama dengan pemerintah seperti menyediakan lampu di landmark kota seperti yang disebutkan diatas, dll.

Setelah sesi tanya jawab selesai (ada sekitar 9 penanya) akhirnya acara ditutup dan diakhiri dengan foto selfie dengan Pak Suryo dan moderator Ndorokakung. Saya sendiri berdiri persis di belakang Pak Suryo. Berikut foto hasil dari mimin @Philips_ID

Selfie with CEO Philips Indonesia

Diakhir acara saya juga mendapat hadiah berupa speaker portable karena menjadi salah satu penanya dan lampu portable touch screen warna-warni untuk semua undangan.

Terima kasih Philips. Teruslah berinovasi seperti taglinenya :

OUR MISSION IS JOURNEY NOT DESTINATION



July 13, 2014

Menjajal KIA Morning, Kembaran KIA Picanto Versi Hemat

KIA merilis mobil baru yaitu seri KIA Morning. Sepintas mobil ini mirip dengan pendahulunya yaitu KIA Picanto yang sudah terlebih dahulu hadir di dunia otomotif tanah air. Namun ada perbedaan yang cukup signifikan yaitu KIA Morning mengusung mesin 1.000 cc dan 3 silinder.

Dengan mesin tersebut tentu saja bahan bakar menjadi lebih irit. Hasil test drive menunjukkan angka 1:22. Namun hasil tersebut tentu akan berbeda tergantung kondisi jalanan, kecepatan dan gaya menyetir sang pengemudi.

Untuk bagian eksterior semua hampir sama dengan KIA Picanto. Itulah mengapa saya sebut kembaran. Namun jika diteliti lebih jauh ada perbedaan lampu belakang. Picanto sudah mengusung lampu LED. Selain itu velg KIA Morning masih standar. Namun hal ini bisa di uppgrade lagi sesuai selera. Lengkapnya adalah : stylish grill, urban headlamp, stand out rear lamp dan trendy rear wiper.

Sedangkan untuk bagian interior juga hampir sama. Ada beberapa yang dikurangi fungsinya seperti tidak ada electric mirror, double din standard dan tidak ada sensor parkir. Selengkapnya yaitu adanya audio USB, ipod connectoon dan SD card. Speedo meter dengan trip komputer, display penggunaan bahan bakar eco technology, setir yang bisa disesuaikan (tilt steering wheel) dan motor driven power steering.

Akan tetapi pengurangan tersebut tidak mempengaruhi performa. Bahkan dari penggunaan bahan bakar lebih irit. Mesin sangat energic dan efficient. Max power 69 ps @ 6.200 rpm dan max torque 9.6 kg~m @ 3.500 rpm.

 Kondisi kursi pengemudi juga nyaman, kaki tidak mentok di dashboard. Begitu juga kursi penumpang yang masih lega walau mobil ini termasuk imut. Sedangkan bagasi cukup lapang bisa memuat tiga buah galon air mineral. Selain itu banyak juga tempat penyimpanan barang seperti laci di bawah kursi.

Dan yang paling menarik adalah harga yang ditawarkan yaitu sekitar Rp.128.000.000,- on the road. Harga ini jauh dibawah KIA Picanto yang berkisar Rp.144.000.000,-

Jika dibandingkan dengan mobil murah dari kompetitor KIA Morning lebih unggul dalam beberapa hal. Walau harga masih diatas mobil murah tersebut.

Skema pembayaran pun cukup menarik. Ada penawaran DP sekitar Rp.35.000.000,- atau cicilan hingga Rp.1.500.000,- per bulan dengan lama waktu hingga 5 tahun.

Tertarik? Silahkan datangi dealer KIA terdekat dan lakukan test drive. Ada 9 pilihan warna ceria menanti untuk dicoba :)


June 11, 2014

Philips Menghadirkan Karakter Disney di Kamar Tidur si Kecil

Philips dikenal sebagai brand yang memproduksi lighting, healthcare dan lifestyle. 

Sebagai pelopor bidang pencahayaan, kini bekerja sama dengan Disney untuk mengembangkan jajaran produk pencahayaan yang menginspirasi, membawa keajaiban sekaligus menyenangkan bagi anak-anak, orang tua dan semua orang yang berjiwa muda.
Dengan motto "Innovation and You" Philips bekerjasama dengan Disney menghadirkan dream come true dengan produk yang diluncurkannya. Seperti yang diungkapkan Suryo Suwidnyo Direktur Philips Indonesia.

Chandra Country Director Philips Indonesia menambahkan bahwa Philips adalah global leader di bidang pencahayaan. Membawa kenyamanan cahaya hingga ke ruang tidur bersama Disney.

Ryan Tirya Yudhistira, Head of Marketing Lighting Philips Indonesia mengatakan bahwa cahaya bisa menimbulkan emosi. Contohnya candle kight dinnet yang bisa membawa suasana romantis.

Produk yang dikeluarkan Philips Disney ini terdiri dari 4 jenis dengan menampilkan 13 macam dan karakter Disney seperti Mickey, Minnie, Mike, Sulley, dll dengan harga berfvariasi mulai dari Rp.100.000 hingga Rp.500.000,-

Mochtar Sarman dari Disney Indonesia mengatakan kerjasama kedua brand yang unggul dibidang masing-masing ini sudah berlangsung 90 tahun, sejak Disney berdiri. Dimulai sejak dibangunnya wahana hiburan Disneyland.

Chandra menambahkan produk ini aman bagi pengguna terutama anak2. Material ramah lingkungan. Menggunakan teknologi LED yang memiliki keunggulan minimum tahan hingga 15 tahun. Bahkan ada beberapa produk yang tahaun hingga 25-30 tahun. Produk ini juga aman tidak mengandung merkuri yang sangat berbahaya bagi pernafasan dan atmosfer karena mengandung ozon.

Keunggulan Philips Disney: 
1. Teknologi LED, bisa hemat energi sd 80%
2.  Inovasi menuju target audience / pengguna
3. Magic.

Bentuk kerjasama global launch di eropa 2013. Partnership kreatif dan inovatif.



May 29, 2014

Dari A Sampai Z Kenapa Saya Harus ke Inggris

Kalau ditanya alasan kenapa saya harus ke Inggris terus terang saja jawabannya bingung, karena terlalu banyak alasan dan tempat yang harus dikunjungi. Mulai dari tempat-tempat yang klasik, sejarah sepakbola, legenda musik hingga cerita epik. Semua itu membuat Inggris menjadi satu tempat yang paling ingin saya kunjungi dibanding negara manapun. Jadi saya memahami betul apa yang ada dalam benak Tria sang vokalis band The Changcuter saat menyanyikan lagu "Hijrah ke London" : London, London, ingin ku kesana...."

Saya mencoba mencatat 7 alasan kenapa saya harus ke Inggris, tapi ternyata tidak cukup. Ditambah menjadi 10 masih saja belum cukup. Akhirnya - setelah ngemil Mister Potato - saya menemukan cara yang cukup adil memaparkan alasannya. Saya susun satu per satu dari huruf A sampai Z. Dan inilah 26 alasan kenapa saya harus pergi ke Inggris! 

***

A
Abbey Road

Seruas jalan menjadi begitu terkenal ketika empat orang pemuda Liverpool menyebrangi sebuah zebra cross. Ya, betul. Itulah Abbey Road yang menjadi cover album The Beatles dengan judul album yang sama. Sejak saat itu jalan tersebut menjadi terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata yang berkunjung ke Inggris terutama penggemar fanatik The Beatles. Mereka akan berfoto dan berpose dengan gaya yang sama menyebrang jalan melalui zebra cross. Jujur saya pun ketika menyebrang zebra cross dimanapun selalu teringat dengan Abbey Road.


***

B
Big Ben

Tempat ini menjadi salah satu landmark Kota London yang paling terkenal. Rasanya kurang afdol jika ke London tidak mengunjungi Big Ben. Seperti mengunjungi Paris tanpa ke Menara Eiffel atau mengunjungi Roma tidak ke Menara Pisa. Ketika saya berkunjung ke Jam Gadang di Bukittinggi saya mendapat informasi ternyata mesin Jam Gadang mempunyai kembaran yang sama persis dan itu adalah mesin yang berada di dalam jam Big Ben. Semakin penasaran saja untuk mengunjungi tempat ini.


***

C
Cab in London

Cab atau taksi di London cukup unik. Selain bentuknya kecil dan antik juga warnanya kebanyakan hitam. Sungguh berbeda dengan taksi di negara lainnya. Namun sekarang sudah banyak warna lain tapi tetap terlihat lucu dan unik. Rasanya wajib jika ke London untuk mencoba transportasi umum ini selain Double Decker Bus yang legendaris itu tentunya.


***

D
David Beckham

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi orang Inggris yang satu ini. Dialah legenda sepakbola modern. Bersama Manchester United sudah meraih berbagai piala mulai dari juara Premier League hingga Piala Champions. Atas kontribusinya terhadap sepakbola Inggris dia dianugerahi gelar ksatria atau Knight oleh kerajaan Inggris. Berbagai klub sepakbola ternama sudah dijajaginya. Setelah meraih semuanya di United dia pindah ke Real Madrid, AC Milan, Paris St Germain hingga melanglangbuana ke LA Galaxy, klub sepakbola di Amerika Serikat. Sayang karier di tim nasional kurang beruntung, walau sudah empat kali memperkuat Inggris di Piala Dunia namun tidak memberikan prestasi sebagai juara dunia.


***

E
English Premier League

Inilah liga sepakbola terbaik di dunia. Bayangkan, klub level bawah bisa mengalahkan tim juara atau tim papan atas. Seperti yang terjadi baru-baru ini, Liverpool berhasil di tahan oleh klub papan tengah Crystal Palace sehingga menutup peluang menjadi juara Liga Inggris. Selain itu Liga Inggris juga menjadi sahabat para jomblo karena pertandingan mereka yang ditayangkan pada sabtu malam menjadi penghibur ditengah kesendirian :) Sementara liga di negara Eropa lainnya bermain pada hari minggu. 


***

F
Football

Klaim orang Inggris bahwa sepakbola berasal dari negara mereka memang sulit dibantah. Football Associates (FA) adalah organisasi sepakbola pertama di dunia. Itulah mengapa tagline mereka saat menyelenggarakan Piala Eropa 1996 adalah "Football Comes Home". Sayang mereka tidak berhasil menjadi juara saat menjadi tuan rumah. Sepakbola bagi mereka sudah seperti "agama". Setiap hari minggu mereka lebih bersemangat pergi ke stadion sepakbola dibanding ke rumah ibadah dan menganggap Stadion Wembley sebagai tempat yang sakral sebagai "rumah ibadah".


***

G
Guard Welsh

Mungkin banyak yang belum tau apa itu Welsh Guard. Tapi jika diberi tahu yang dimaksud adalah tentara yang menggunakan baju merah dan bertopi tinggi pasti tau. Ya mereka adalah tentara khas kerajaan Inggris. Jika mereka sedang berjaga sangat serius, tidak bisa diganggu dan berdiri seperti patung. Kadang mereka suka diganggu seperti yang kita lihat di salah satu serial film Mr. Bean. Jadi pengen godain juga nih..


***

H
Harry Potter

Kisah penyihir cilik karya JK Rowling dari Inggris itu begitu fenomenal. Setelah bukunya menjadi best seller, tidak ketinggalan filmnya menjadi box office setiap serinya. Saya sendiri mempunyai koleksi lengkap semua bukunya dan menonton semua film mulai dari Harry Potter and the Sorcerer's Stone hingga film terakhir Harry Potter and Deadly Hallows Part 2. Saya sampai terbang ke Singapore untuk menonton premiere ini karena waktu itu film tersebut tidak masuk ke Indonesia. Jadi penasaran dengan lokasi setting film tersebut yang dilakukan di kota London dan sekitarnya.


***
I
I = Saya

Yups. Sayalah alasan utama kenapa saya harus ke Inggris. Karena saya fans sejati Manchester United dan pendukung tim nasional Three Lions, pembaca dan penonton setia Harry Potter, penyuka film-film James Bond, penikmat lagu-lagu The Beatles dan pengumpul barang-barang theme Union Jack. Sudah waktunya menjelajahi lorong-lorong kota London, menyibak misteri seperti dalam cerita Sherlock Holmes.

  
***

J
James Bond

Satu kisah lagi yang tidak bisa dilepaskan dari Inggris adalah James Bond. Agen MI-6  dengan kode 007 itu begitu legendaris. Saat ini sudah 50 tahun James Bond dibuat dalam layar lebar dan masih digemari oleh penonton di seluruh dunia. Sudah ada 6 orang yang memerankan James Bond. Syarat khusus yang harus dipenuhi oleh pemerannya adalah harus bisa aksen Inggris, ganteng, jago berkelahi dan pandai merayu. Ciri khasnya ketika berkenalan dengan perempuan adalah, "My name Bond. James Bond."


***

K
King Cross Station


Stasiun King's Cross adalah stasiun kereta api utama di London, Inggris. Jadi semacam Gambir-nya London. Stasiun ini berada di ujung timur laut Central London dan pertama kali dibuka pada tahun 1852.Pembangunan stasiun ini diprakarsai oleh George Turnbull pada 1848. Sedangkan desain detilnya dibuat oleh Lewis Cubitt. Apa yang membuat penasaran? Masih ingat dengan Gate 9 3/4 yang digunakan Harry Potter saat akan berangkat naik kereta ke Hogwards? Nah tempat itu ada disini. 


***

L
London Eye

Singapura boleh memiliki Singapore Flyer. Jakarta punya Bianglala dan London punya ikon baru sejak tahun 2000 : London Eye. Diberi nama tersebut karena jika malam hari dan diterangi oleh lampu maka akan menyerupai sebuah mata. London Eye dapat mengangkut 800 penumpang dalam satu kali putaran yang ditempuh dalam waktu 30 menit. Dan dari puncak tertinggi akan melihat keseluruhan Inggris sejauh 40 kilometer.


***

M
Museum The Beatles


Saat SMP saya menyukai lagu-lagu The Beatles. Bukan karena nama salah satu personelnya mirip nama saya lho, tapi memang benar-benar suka :D Saat itu saya baru tahu ternyata grup ini sudah bubar. Sedih juga saat tahu hal ini dan mulai mencari lebih jauh asal muasal grup ini. Dan semuanya berawal di Britannia Vaults, Kings Dock St, Liverpool. Tempat Museum The Beatles Story ini berdiri. Di tempat inilah tersimpan memorabilia sejak The Beatles berdiri sampai akhir John Lennon meninggal dan Paul McCartney bersolo karir. Di dalamnya terdapat replika patung keempat pemuda asal Liverpool : John, Paul, Ringo dan George, seperti replika yang ada di Museum Madame Tussaud's Hong Kong yang saya kunjungi 2012 silam. "...I wanna hold you hand...."   


***

N
Number 10 Downing Street

Downing Street No. 10 adalah tempat di mana Perdana Menteri Inggris tinggal dan berkantor selama dua ratus tahun lebih tepatnya sejak tahun 1732 ketika Raja George II memberikan sebuah rumah kepada Robert Walpole, PM Inggris pertama.  Downing Street adalah sebuah jalan kecil di Jalan Raya Whitehall, City of Westminster, London. Jaraknya tidak jauh dari Gedung Parlemen Inggris yang terkenal dengan Big Ben. Tetangganya yaitu Downing Street No. 11 digunakan untuk rumah dinas menteri keuangan Inggris.PM berkantor di lantai satu dan tinggal bersama keluarga di lantai dua. Menurut PM Margaret Thatcher seperti tinggal di ruko. Ada peluang nggak ya berkunjung ke rumah ini? 


***

O
Old Trafford

Stadion sepakbola kebanggaan klub Manchester United ini terletak di Sir Mat Butsy Way, Greater Manchester. "Theatre of Dreams" demikian julukan dari Sir Bobby Charlton kepada stadion terbesar kedua di Inggris Raya ini setelah Wembley. Stadion dengan kapasitas 76.212 ini dibangun pada tahun 2010. Berkunjung ke tempat ini merupakan impian pada fans The Reds Devils dari seluruh penjuru dunia. Termasuk saya yang menjadi fans sejak era Eric "the King" Cantona. Semoga suatu hari bisa kesana dan tour melihat koleksi trofi dari berbagai kejuaraan baik level liga Inggris hingga Eropa. Dan ingin membandingkan juga sih dengan piala yang ada di Stadion Etihad.


***

P
Phonebox

Satu keunikan di Inggris adalah masih terawatnya phonebox alias telepon umum. Walau saat ini teknologi komunikasi sudah canggih dengan adanya smartphone yang bisa dibawa kemana-mana, namun keberadaan phonebox dengan khas warna merah menyala masih bisa dijumpai dipenjuru kota-kota di Inggris. Apakah masih bisa berfungsi? Nah inilah salah satu alasan kenapa saya harus ke Inggris yaitu untuk mencoba apakah telepon umum ini masih berfungsi! Gila mau nyoba telepon umum aja sampe bela-belain harus ke Inggris. 


***

Q
Queen House

Inilah rumah sang Ratu Elizabeth. Selain Queen House tempat ini juga dikenal sebagai Buckingham Palace. Orang yang berkunjung ke kediaman ratu harus berpakaian rapi. Walau tidak ada aturan tertulis tetapi pengunjung biasanya menggunakan jas atau seragam kerja karena menghormati keberadaan sang ratu yang begitu diagungkan oleh masyarakat Inggris. Ada keunikan tersendiri di tempat rumah ini. Entah sang ratu hobi koleksi jam atau sifatnya yang tepat waktu, disini ada sekitar 350 buah jam dengan akurasi yang tepat. Setiap minggu ada 2 orang ahli jam yang memeriksa dan memutar jam-jam tersebut agar tetap akurat dan terawat.


***

R
Robin Hood

Satu lagi legenda dari tanah Inggris. Robin of Loxley atau dikenal sebagai Robin Hood. Kiprahnya yang membela kaum miskin selalu dikenang oleh rakyat Nottingham. Sudah beberapa kali diangkat menjadi sebuah film atau serial televisi. Namun ada dua yang cukup menyentuh yaitu Robin Hood Prince of Thieves (1991) yang diperankan oleh Kevin Costner dan Robin Hood (2010) yang diperankan oleh Russel Crowe. Dua-duanya epic dan memiliki khas tersendiri.


***

S
Sherlock Holmes Museum

Sir Arthur Conan Doyle begitu jenius menciptakan tokoh Sherlock Holmes. Pemikirannya begitu visioner melewati jamannya. Bahkan masih bisa diterima oleh akal sehat hingga saat ini. Teka teki dan alur pikiran yang rasional termasuk rumusan kimia yang rumit. Sebagai apresiasi kepad Sir Arthur pemerintah kota mendirikan Museum Sherlock Holmes dengan gaya tahun 1815 yang terletak di  221B Baker Street. Museum ini berisi memorabilia Sherlock Holmes sesuai dengan cerita dan bangunannya persis sesuai dengan deskripsi dalam novel. Apakah sesuai dengan imajinasimu? Jadi ingin mencoba misteri 17 langkah dari lantai dasar ke lorong di lantai satu. Penasaran juga dengan kamar milik Dr. Watson, partner in crime -nya Holmes.


***

T
Travalgar Square

Tempat ini semacam alun-alun yang berada di tengah kota tempat berkumpulnya masyarakat London jika ada acara penting. Seperti acara Royal Wedding William - Kate saat pernikahan mereka beberapa waktu lalu. Awalnya tempat ini bernama King William VI Square. Kemudian George Ledwell,sang arsitek mengganti namanya menjadi Trafalgar Square sebagai bentuk peringatan pertempuran Trafalgar yang meletus pada tahun 1805. Terdapat satu patung khusus bernama Nelson Column, sebuah monumen setinggi 50 meter untuk mengenang Laksamana Horatio Nelson yang tewas pada pertempuran Trafalgar. 


***

U
Union Jack

Union Jack adalah bendera Britania Raya (United Kingdom / UK) yang merupakan kumpulan dari bendera negara-negara anggotanya yaitu Inggris, Wales, Irlandia Utara, Skotlandia. Keunikan bendera ini memberi inspirasi orang-orang untuk membuat barang dengan motif union jack. Mulai dari baju, perhiasan, hingga mobil. Banyak juga orang yang mengoleksi barang dengan motif ini, termasuk saya walau koleksinya masih terbatas :)


***

V
VisitLondon.com

Jika ingin mengenal lebih jauh lagi tentang London silahkan buka website VisitLondon.com, disana kita akan menemukan berbagai informasi lengkap seputar Kota London mulai dari akomodasi, transportasi, atraksi, dan sebagainya. Website official visitor guide ini akan selalu update event-event yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 


***

W

Westminster Abbey


Tempat ini adalah sebuah gereja dengan arsitektur gothic bernama The Collegiate Church of St Peter, Westminster, London namun lebih dikenal sebagai Westminster Abbey. Tempat ini juga merupakan tempat tradisi penobatan raja dan ratu Inggris sekaligus pemakaman mereka. Ada satu tradisi yang dimulai oleh Ibunda dari Ratu Elizabeth, saat menikah dengan Raja George VI yaitu sang mempelai wanita kerajaan selalu menaruh bunga pernikahannya pada makam prajurit tak dikenal di Westminster Abbey. Adapun orang tidak dikenal yang terakhir kali dimakamkan di Westminster Abbey adalah seorang prajurit Prancis pada tahun 1920 yang dikenang sebagai "Makam Sang Prajurit Tanpa Nama Terakhir". 


***

X

Xmas in London


Kalau melihat di film-film sih rasanya asyik merasakan suasana London saat Xmas atau natal sampai liburan tahun baru. Suasananya begitu syahdu dengan turunnya salju di musim dingin. Selain keesokan harinya pada tanggal 26 Desember diadakan pertandingan sepakbola Liga Inggris yang biasa disebut Boxing Day dan jika menang tentu menjadi kado (box) yang indah untuk para fans. Masih ragu dengan gelar liga sepakbola terbaik di dunia?


***


Y

York

York ialah sebuah kota tua di North Yorkshire, Inggris, dekat Sungai Ouse dan Foss. York didirikan pada tahun 71 oleh bangsa Romawi sebagai Eboracum. Kota ini merupakan ibukota historis Yorkshire. Setelah bangsa Anglia pindah ke tempat ini, kota ini bernama Eoferwic, dan menjadi pusat Kerajaan Northumbria. Beberapa tempat menarik di York antara lain Katedral York, dinding kota York dan Clifford's Tower. Adapun nama Kota New York di Amerika diambil dari nama kota ini karena kota lama New York (New Amsterdam) diambil alih oleh bangsawan Inggris yang berasal dari York.


***

Z
Zoological Society of London

ZSL didirikan oleh Sir Thomas Stanford Raffless dan kawan-kawannya pada tahun 1826. Ya Raffless yang pernah menjadi Gubernur Jendral Hindia Belanda dan ikut mengembangkan Kebun Raya Bogor (KRB) sehingga memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 15.000 buah. Tujuan dari ZSL ini adalah mengumpulkan koleksi satwa dan menjadi salah satu kebun binatang terbesar di dunia. Jadi jika KRB mengoleksi tumbuhan, kalau ZSL mengoleksi satwa. Itulah persembahan Raffless untuk Kota Bogor dan London. 


***

Itulah 26 alasan kenapa saya harus mengunjungi Inggris. Dan satu yang membuat penasaran adalah konon kabarnya anak-anak balita disana sudah pandai berbahasa Inggris :D Semoga suatu hari bisa kesana ya. 

I'm coming Mister....   

April 25, 2014

Bagaimana Rasanya Sehari Tanpa Internet?

Galau. Kacau. Sepi. Bete.

Itu adalah jawaban teman-teman ketika saya mengadakan survey kecil-kecilan via twitter dengan menanyakan bagaimana rasanya sehari tanpa internet?

Jawaban teman-teman jika sehari saja tanpa intenet

Saya sendiri menyetujui jawaban tersebut. Apalagi bagi seorang blogger seperti saya jaringan internet itu sudah seperti separuh nyawa. Bagaimana mungkin bisa posting tulisan jika tidak ada jaringan internet. Bagaimana mungkin bisa googling jika tidak ada jaringan internet. Termasuk mengetahui berita-berita terbaru yang sangat cepat menyebar.

Internet saat ini memang memegang kendali dalam dunia komunikasi. Mengalahkan televisi, koran, majalah dan radio. Bahkan fungsi semua yang disebutkan tadi bisa digunakan via internet. Mau menonton tv bisa lewat internet melalui streaming. Kanal-kanal berita mengabarkan begitu cepat kejadian terbaru. Ada tsunami di Jepang dalam hitungan detik dunia sudah tau. Radio? Jangankan radio lokal, radio yang ada dibelakang dunia lain pun bisa kita dengarkan dengan internet.

Apalagi dengan boomingnya social media. Teman-teman kita yang menyebar dimana-mana, bisa dengan mudah kita ketahui sedang apa yang dilakukannya. Ada yang sedang jalan-jalan. Kita bisa mengetahui dari status Facebooknya. Ada yang menjadi saksi sebuah kecelakaan. Kita bisa mengetahui dari kicauan twitternya. Apalagi ditambah dengan twitpic. Ada juga yang sedang berlibur di luar negeri, kita bisa mengetahui dari foursquare-nya. Atau ada yang sedang narsis di depan Menara Petronas kita bisa ketahui dari status Instagramnya.

Semua bisa diketahui dengan mudah. Tidak ada lagi batas. Tidak ada lagi dinding pemisah walau jarak memisahkan dan waktu terbentang jauh.

Saya sendiri pernah mengalami gelagapan ketika internet mati. Waktu itu kuota habis. Dan harus segera mengirim laporan via email. Dalam kondisi panik saya segera mencari cafe. Karena disana pasti ada wifi gratisan. Itu masih dalam hitungan jam. Belum sehari. Nggak kebayang gimana rasanya sehari tanpa internet.

Internet kini sudah bukan menjadi gaya hidup lagi, tapi sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Bukan hanya orang-orang yang berada di kota, tapi juga orang yang ada di desa. Jika selama ini mereka belum melek internet karena fasilitas internet belum masuk sampai ke desa. Atau bisa juga mereka gagap internet yaitu tidak atau belum bisa menggunakan dan memanfaatkan internet. Saya yakin jika mereka sudah melek internet dan bisa menggunakan serta memanfaatkan mereka akan produktif dan menggunakan internet sebagai sarana untuk kebutuhan mereka termasuk memasarkan produk-produk daerahnya melalui blog atau website. Termasuk mempromosikan potensi seperti objek wisata yang ada. Itulah mengapa saya pernah menulis tentang Desa Internet beberapa waktu lalu di blog ini yang mengungkapkan potensi internet jika bisa diakses dengan mudah di daerahnya. Tulisan tersebut bisa di baca di sini.

Contoh Desa Internet

Saya senang sekali dengan adanya program Indonesia Genggam Internet dari Telkomsel karena sesuai dengan apa yang saya inginkan dalam tulisan tersebut. Semoga program ini segera dapat diwujudkan.

April 20, 2014

Saatnya Upgrade ke Suzuki Karimun Wagon R, Si Mobil Super

Sebenarnya kami sudah puas dengan mobil kami saat ini yaitu Suzuki Karimun Estilo keluaran tahun 2008. Mobilnya lincah, irit, mungil, perawatan mudah dan terjangkau. Si Mumun - demikian kami menyebutnya - sudah mengantar kami kemana-mana. Mulai dari antar ke kantor, antar anak ke sekolah, liburan bahkan ikut syuting iklan sebuah produk pelumas. Keren kan?


Suasana saat syuting dengan menggunakan Karimun Estilo kami
Namun setelah melihat kelahiran adik barunya yaitu Suzuki Karimun Wagon R pendirian kami mulai bergeming. Saya langsung jatuh cinta! Bagaimana tidak jatuh cinta semua yang kami cari dari sebuah mobil ada semua di Wagon R ini. Mulai dari kenyamanan dengan kabin yang luas (ceiling nya tinggi), irit dengan 3 silinder (lebih irit lagi dari mobil kami yang sekarang yang menggunakan 4 silender) dan harganya terjangkau. Tidak salah jika tagline mobil ini adalah mobil SUPER : Spacious - Useful - Practical - Efficient - Reasonable.

Penampilan Karimun Wagon R : Ganteng!
Kami adalah keluarga kecil dengan dua anak. Sejak kami berkeluarga sudah menjadi penggemar fanatik Suzuki. Bukan kebetulan saat bekerja mendapat jatah mobil dinas Suzuki Katana yang bandel. Setelah menyisihkan penghasilan selama beberapa tahun akhirnya sekitar tiga tahun lalu terkumpul uang yang cukup untuk DP (Down Payment) sebuah mobil dan pilihan kami mantap memilih Suzuki Karimun Estilo 2008. 

Walaupun kami beli seken tapi kami puas dengan performancenya. Karena pemilik sebelumnya selalu rajin merawat mobil tersebut sesuai dengan petunjuk perawatan kendaraan. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan semakin besarnya anak-anak, tentu kami membutuhkan kendaraan yang lebih lega walau kami tetap menginginkan mobil yang kecil, karena garasi kami hanya berukuran 3x4 meter, jadi harus bisa masuk garasi dan tersimpan dengan aman. 

Jadi mobil Wagon R ini sangat cocok untuk kami, keluarga kecil dengan dua anak. Rasanya cocok juga untuk kebanyakan keluarga di Indonesia. Anak-anak sih seneng banget untuk upgrade ke Wagon R. Mereka tentu senang sekali kami akan punya mobil baru untuk mengantar mereka ke sekolah atau kegiatan lainnya. Gress, keluaran dari dealer, bukan mobil seken. Namun yang agak sulit adalah meyakinkan "menteri keuangan rumah tangga kami" yaitu isteri untuk menyetujui pembelian mobil baru ini. Alasannya adalah ingin menabung untuk biaya sekolah anak-anak. 

Skema yang saya ajukan adalah menjual si Mumum kami karena sudah lunas cicilannya dan menambah uang dari tabungan untuk pembelian Karimun Wagon R. Dengan harga jual sekitar Rp 75-80 Juta untuk harga seken Karimun Estilo 2008, jadi tinggal menambah sekitar Rp 15 jutaan untuk mendapatkan mobil baru. Untuk meyakinkan isteri kemudian saya berubah menjadi "sales" Suzuki dengan menjabarkan kelebihan-kelebihan dari Wagon R ini yaitu SUPER tadi. 

Nih mah, mobil ini walaupun kecil tapi interiornya lega. SPACIOUS. Atapnya tinggi, jadi mama enak kalau mau gerak-gerak atau mau tidur. Bisa muat 5 orang dan bisa banyak barang termasuk sepeda lipet kesayangan mama.


Kemudian USEFUL. Serbaguna. Bisa buat antar mama ke kantor. Antar sekolah anak-anak. Liburan. Belanja. Atau mama mau kemana terserah deh pasti ayah antar :D


Terus PRACTICAL, yaitu praktis. Bentuknya imut seperti si Mumun yang sekarang kita punya. Bakal pas masuk garasi kita yang ukurannya 3x4 meter. Jadi nggak perlu renovasi pagar lagi buat dimajuin. Selain nggak bagus dilihat juga melanggar fasilitas umum dengan memajukan pagar tersebut. Ntar di tegur pak RT lho. Kemudian bisa bawa barang lebih dan ada banyak tempat penyimpanan. Termasuk tempat rahasia di bawah jok depan.


Kemudian EFFICIENT alias irit. Si Mumun yang sekarang aja udah irit, nah yang ini lebih irit lagi. Kalo yang lama 1.200 cc, kalo yang ini 1.000 cc. Pokoknya kelebihan biaya bensin buat nambah jajan mamah deh.


Dan yang terakhir adalah REASONABLE. Jadi mobil ini worth it banget, fitur yang ada sebanding -bahkan lebih - dibanding dengan dana yang dikeluarkan. Mobil ini bisa murah karena sudah banyak mengandung komponen lokal yang berkualitas dan mendukung Low Cost Green Car (LCGC) yang dicanangkan oleh pemerintah, jadi beberapa komponen impor di subsidi. Dan kehandalan Wagon R ini sudah terbukti dengan meraih penghargaan sebagai BEST LCGC 2014 untuk MOBIL SUPER.


Mendapat penghargaan Best LCGC 2014 untuk Mobil Super

Nah setelah mendapat penjabaran di atas isteri saya langsung setuju. Ajaib. Biasanya agak susah untuk hal-hal beginian, sekarang bisa dengan mudah diluluhkan. Namun sebelum mengakhiri percakapan isteri saya tiba-tiba angkat bicara.

"Tapi masih ada satu syarat lagi lho yah." Saya agak kaget karena nadanya agak serius.
"Syaratnya apa?" jawabku khawatir ia berubah pikiran.
"Ajari mama menyetir dan buatkan mama SIM!"

Oh ternyata dia ingin menikmati mobil barunya juga. Baiklah kalau begitu. "Wah Kalo itu sih gampang. Besok juga ayah ajarin." jawabku spontan.

"Tapi belajarnya pake si Mumun dulu ya. Kalo pake yang baru takut nyenggol-nyenggol." candaku.


Sumber Gambar : 
http://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/ 
Twitter @karimun_wagonr
Koleksi Pribadi

November 15, 2013

Tagline Baru "Roma" : Serving Goodness and Happines

Jakarta,  14 November 2013.  Roma            merupakan brand biskuit terbesar di Indonesia (*berdasarkan data lembaga survey Nielsen - September 2013) yang telah hadir lebih dari 50 tahun (sejak 1948). Keberhasilan mendapatkan kepercayaan dari konsumen tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi produk Roma yang merupakan produk asli dalam negeri. Kepercayaan tersebut terus menjadi motivasi bagi Roma untuk terus berinovasi dan berkarya memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Menyediakan makanan ringan merupakan tradisi bagi keluarga di seluruh Indonesia. Roma sangat memahami kebutuhan keluarga Indonesia akan makanan ringan yang baik, lezat, dan bernutrisi.  Sebagai langkah besar dari Roma untuk terus berkembang dan terus menjadi brand yang terdepan dalam memberikan yang terbaik bagi konsumen, Roma meluncurkan logo baru dengan tema ”Serving Goodness and Happines”. Tidak hanya sekedar peluncuran logo baru namun momen ini juga menunjukkan refleksi dari pengalaman, dedikasi dan komitmen Roma dalam memahami keinginan dan kebutuhan konsumen di Indonesia. Kebahagiaan dan kebanggaan Roma adalah saat menyaksikan ibu dan keluarga di Indonesia tersenyum dan bahagia saat menikmat sajian berkualitas dari Roma.

Dedikasi, semangat, dan komitmen  Roma itulah yang menjadi inspirasi bagi peluncuran logo baru Roma yang memilik tagline ”Serving Goodness and Happiness” sebuah kalimat sederhana yang merupakan perwujudan dari komitmen Roma pada kualitas produk yang dihasilkan sekaligus dedikasi Roma dalam memberikan kebahagiaan bagi keluarga di Indonesia”, ungkap Direktur Pemasaran Mayora Group, Ricky Afrianto, dihadapan media massa di Jakarta, hari ini.

Fenita Arie, Brand Ambassador Roma, mengatakan bahwa produk Biskuit Roma yang digemari oleh keluarganya salah satunya adalah Biskuit Roma Sari Gandum Cokelat. Karena kandungan gandum utuhnya yang baik bagi keluarga, dan lezatnya coklat yang disukai oleh anak-anaknya. Sebuah kombinasi yang tidak mudah didapatkan ketika memilih makanan ringan. Itulah juga salah satu alasan Fenita sangat bangga bisa menjadi brand ambassador dari Roma.

”Sebagai seorang Ibu dan seorang istri, saya tidak ingin sembarangan dalam memberikan produk makanan ringan kepada keluarga saya. Selain rasanya yang enak, dalam memilih biskuit saya pasti melihat merek dan juga kandungan nutrisinya. Itulah sebabnya kami sekeluarga memilih produk biskuit berkualitas dari Roma,” Jelas Fenita Arie.

Selain Fenita Arie, Brand Ambassador Roma lainnya Indy Barends mengatakan bahwa produk Biskuit Roma yang digemari oleh keluarganya salah satunya adalah Biskuit Roma Coffeejoy. Karena rasa kopinya yang pas dan lezatnya yang disukai oleh anak-anaknya. Coffeejoy selalu menemani kebersamaan Indy dan seluruh keluarganya.

Dalam kesempatan yang sama Febri Satria Hutama, Senior Brand Manager Biscuits dari Mayora Group mengatakan ”untuk menghasilkan setiap keping biskuit yang lezat, Roma sangat antusias dalam bekerja keras untuk benar-benar memahami dan menggali apa yang konsumen inginkan, itulah mengapa konsumen hingga saat ini mempercayakan Roma sebagai makanan ringan yang paling tepat untuk seluruh keluarga.

Febri juga mengungkapkan rahasia dari kelezatan biskuit Roma yang terdapat pada penggunaan bahan baku yang berkualitas (misalnya: gandum yang digunakan harus memenuhi 5 kriteria kualitas), penguasaan seni dan teknologi baking (dengan menggunakan teknologi oven terbaru dan dipadu dengan keahlian master baker yang memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman), dan juga penerapan standar kualitas kontrol yang ketat dan berulang (misalnya penggunaan teknologi robotik pada teknologi pengemasan untuk menghindari 39.000 jenis bakteri yang terdapat pada tangan manusia).

Ir. Dewi Yuni Muliati, MM Asisten Deputi Gender dalam Kesehatan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan ”untuk mendapatkan keluarga yang sehat antara lain harus dimulai dengan makanan bergizi dengan kandungan yang sehat”. Ia menghimbau kepada ibu/perempuan di Indonesia untuk meningkatkan peran dalam keluarga untuk menciptakan kesadaran gizi yang baik dan juga memilih makanan yang baik termasuk makanan ringan seperti Roma. Dengan melakukan hal itulah senantiasa bisa  tercipta keluarga yang bahagia.


Biskuit Roma: Biskuit No. 1 di Indonesia
Produk Biskuit Roma merupakan produk nasional, tetapi memiliki standar kualitas internasional. Standar kualitas yang sama dengan produk Mayora lainnya yang telah di ekspor ke lebih dari 85 negara.

Sebagai produsen Biskuit Roma, Mayora telah berprinsip memberikan yang terbaik bagi konsumen Indonesia maupun ekspor. Produk-produk Roma diproduksi secara profesional, menggunakan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP).

HACCP merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mencegah terjadinya masalah kualitas produk makanan baik yang disebabkan oleh faktor biologi, kimia maupun fisik (food safety problem). Dengan sistem ini, identifikasi sumber masalah dilakukan sejak datangnya bahan baku, proses produksi dilakukan sampai dengan produk jadi yang siap didistribusikan.


Selain itu, produk-produk Biskuit Roma juga dilengkapi sistem pengendalian mutu produk (Food Safety Management System/FSMS). Biskuit Roma mendapatkan beberapa pengakuan standar operasional seperti ISO 22000 tahun 2005 dan ISO 9001 tahun 2008. Sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga diperoleh oleh Biskuit Roma. Mengenai standar produk Halal, pada tahun 2004 Grup Mayora mendapatkan penghargaan “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).