September 14, 2011

#7DaysWithNissanMarch | Day 4 : March and The Machine

Hari ke-4 selasa pagi Nissan March sudah bergerak meninggalkan kota Bogor menuju Jakarta. Bergerak lincah di Jagorawi yang padat. Manuver terasa stabil karena lebar kendaraan tidak berlebihan serta ditunjang dengan jarak pijak roda belakang (Rear Tread) lebih lebar daripada jarak pijak roda depan (Front Tread). Mobil mungil ini tidak kalah dengan mobil sejenis lainnya bahkan dengan cc yang lebih besar. Beberapa kali bertemu dengan kembaran Nissan March baik dengan warna yang sama maupun warna berbeda seperti warna solid black, solid white, sunlight orange, burning red dan brilliant silver. Ini menunjukkan sudah banyak orang yang menggunakan March :)

Nissan March : Colors of your life

Kadang sedikit terkecoh dengan saudara sepupu Nissan March yaitu Grand Livina. Dari belakang bentuk body-nya hampir sama, namun setelah dilewati eh ternyata bukan. Namun untuk jenis warna semuanya sama karena masih satu pabrikan. Untuk mesin pun sesungguhnya sama yaitu tipe HR12 DE perbedaannya Grand Livina menggunakan 4 silinder sedangkan March menggunakan 3 silinder yang mengusung konsep mobil yang irit, lincah namun bertenaga.

March and The Machine : HR 12 DE 3 Silinder

Tidak terasa March melaju hingga 120 km/jam, mobil masih terasa nyaman dan stabil. Hal ini disebabkan karena mobil ini menggunakan suspensi depan independen (Mc Person Strut) yang dilengkapi juga Torsin Beam pada bagian suspensi belakang. Suspensi ini lebih tinggi 5 cm dari versi March sebelumnya. Untuk mengatasi getaran pada kecepatan tinggi March dilengkapi dengan teknologi balancing sehingga Noise Vibration & Hearness (NVH) vertical vibrasi atau dirubah menjadi oval vibrasi, sehingga getaran mesin tidak dirasakan di ruang kabin dengan bantuan tambahan peletakan engine mounting yang tepat.

 
Nyaman dan stabil menggunakan suspensi Mc Pherson Strut dan Torsion Beam
 
Memang didalam kabin masih terdengar suara mesin dan ban yang menyentuh aspal, namun tidak terlalu bising. Hal ini tidak terlalu menjadi masalah, justru jika terlalu senyap malah akan berbahaya karena suara dari luar seperti klakson atau tanda lain akan tidak terdengar dan cukup beresiko. Kebisingan bisa diatasi dengan  menyetel lagu I'm Yours -nya Jason March eh Mraz dengan volume 15  and the problem is solved :)

Well you done done me and you bet I felt it
I tried to be chill but you’re so hot that I melted
I fell right through the cracks
and now I’m trying to get back
Before the cool done run out
I’ll be giving it my bestest
Nothing’s going to stop me but divine intervention
I reckon its again my turn to win some or learn some
 

I won’t hesitate no more, no more
It cannot wait, I’m yours


***


0 comments: