September 16, 2011

#7DaysWithNissanMarch | Day 5 : March and The Competitors

Ditengah perjalanan menuju kantor, kuperhatikan sepanjang jalan tol Jagorawi cukup banyak kutemukan kendaraan yang sejenis yang mengusung konsep city car dan hatchback seperti Toyota Yaris, Mazda2, Suzuki Splash, Hyundai i10, Suzuki Karimun Estilo, Honda Jazz, Chevrolet Spark, Ford Fiesta dan masih banyak yang lainnya. Sepintas memang sejenis namun dari kapasitas mesin yang diusung cukup berbeda. Toyota Yaris, Mazda2, Ford Fiesta dan Honda Jazz termasuk dalam mobil dengan kapasitar mesin antara 1400 sampai 1600 cc. Sedangkan Suzuki Splash, Hyundai i10, Karimun Estilo dan Chevrolet Spark termasuk dalam mobil dengan cc antara 1000 hingga 1300 cc. Dimanakah posisi Nissan March berada?

Kia Picanto, salah satu mobil sejenis namun badannya lebih kecil

Dengan kapasitas mesin 1200 cc tentu saja Nissan March termasuk dalam kategori yang kedua (1000-1300 cc), namun untuk ukuran badan yang cukup besar dikelasnya mobil ini masuk hitungan juga untuk kategori yang pertama (1400-1600 cc). Disinilah keunikan Nissan March. Dengan posisi tersebut mobil ini dapat menjadi pilihan yang tepat, dengan kapasitas mesin yang kecil namun bisa didapat ruangan sekelas kapasitas mobil kelas menengah. Demikian pula untuk harganya, dengan harga yang kompetitif di kelasnya namun fasilitas yang didapat setaraf dengan mobil yang sekelas diatasnya yang harganya tentu saja jauh lebih mahal.

Berani dibandingkan dengan Toyota Yaris yang kapasitas mesinnya lebih besar

Jadi jika kita ingin melakukan komparasi dengan kompetitor tidak perlu membandingkan dengan kendaraan yang sekelas karena dipastikan sudah unggul. Bagaimana jika dibandingkan dengan mobil yang sekelas diatasnya? Apakah bisa menyamai? atau bahkan lebih unggul? Berikut tabel komparasi antara Nissan March , Mazda2 dan Toyota Yaris.

Kapasitas Mesin 
Nissan March 1200 cc | Mazda 2  1500 cc | Toyota Yaris 1500 cc. 

Kesimpulan : Dengan kapasitas yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dalam kota yang hemat bahan bakar maka yang unggul adalah kendaraan dengan kapasitas mesin yang kecil.

Compression Ratio
Nissan March 10:2:1 | Mazda 2  10:1 | Toyota Yaris 10:5:1.

Kesimpulan : Dengan kompresi rasio yang rendah memungkinkan kendaraan untuk menggunakan bahan bakar beroktan rendah.  
     
Curb Weight 
Nissan March 925 kg | Mazda 2  1056 kg | Toyota Yaris 1035kg.

Kesimpulan : Salah satu penunjang hemat bahan bakar adalah kendaraan yang compact (berat badan yang disesuaikan/ringkas)

Rear Overhang 
Nissan March 585 | Mazda 2  N/A | Toyota Yaris 560.

Kesimpulan : Dengan memiliki overhang yang lebih panjang, maka kapasitas bagasipun dapat menjadi lebih besar.

Wheel Base
Nissan March 2440 mm | Mazda 2  2493 | Toyota Yaris 2460kg.

Kesimpulan : Dengan wheel base yang pendek, menjadikan kendaraan memiliki radius putar yang lebih baik

Lebar Kendaraan (Overall Width)
Nissan March 1665 mm | Mazda 2  1695 kg | Toyota Yaris 1690 kg.

Kesimpulan : Lebar kendaraan yang disesuaikan dengan kondisi perkotaan, memudahkan kendaraan dalam melakukan parkir dan berhenti ditempat yang terbatas dengan area parkir.   

Jarak Pijak Roda (Tread Front / Tread Rear)
Nissan March 1470 mm / 1475 mm | Mazda 2  N/A  | Toyota Yaris 1470 mm / 1460 mm

Kesimpulan : Dengan jarak pijak roda belakang yang lebih besar (Rear Tread) memberikan kestabilan tersendiri pada kendaraan disaat bermanuver maupun melaju.

Radius Putar (Turning Radius)
Nissan March 4,5 m | Mazda 2  4,9 m | Toyota Yaris 4,7 m

Kesimpulan : Turning Radius (Radius Putar) yang lebih kecil menjadikan kendaraan lebih lincah dan lebih baik disaat melakukan manuver ataupun berputar arah didalam kota.

Dilihat dari hasil komparasi diatas jelas Nissan March unggul dengan kompetitor yang berada satu kelas diatasnya. Masih galau untuk memilih? :)

***




1 comments:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««