December 25, 2012

Memantau Rumah Agar Aman Melalui Gadget

Beberapa waktu lalu kita dikejutkan oleh video yang menayangkan kekejaman seorang pengasuh bayi yang sedang menyiksa anak asuhnya. Terlihat seorang pengasuh tersebut sedang memberi minum susu kepada seorang bayi  yang sedang menangis. Pengasuh terlihat kesal dan kurang sabar karena bayi tersebut tidak mau meminum susu dan terus menangis. Lalu bayi tersebut diangkat dan dibanting ke kasur dengan kasar, padahal bayi tersebut baru berusia 3 bulan. Saya tidak tega untuk melihat kedua kalinya. Kejadian tersebut terungkap berkat sang majikan memasang kamera CCTV online (Closed Circuit Television-Online) di dalam rumahnya. Diungkapkan bahwa sang majikan curiga karena anaknya sering luka-luka seperti lebam di beberapa bagian tubuhnya. Alasan sang pengasuh karena jatuh, namun majikannya tidak percaya begitu saja dan segera memasang CCTV online tanpa diketahui sang pengasuh.

Dan terungkaplah kejadian yang sesungguhnya. Saat itu juga sang pengasuh langsung dipecat dan dilaporkan kepada yang berwajib dan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku karena bukti berupa rekaman video sudah cukup kuat.

Video penyiksaaan bayi yang terungkap CCTV online

Peristiwa tersebut terjadi di luar negeri. Saya cukup miris dan bertanya, bagaimana jika kejadian tersebut menimpa keluarga kita? selama ini kita percaya dengan apa yang dilakukan oleh pengasuh, tapi apa yang terjadi sesungguhnya tentu tidak tahu.

Rasanya ingin sekali memasang alat pengintai seperti CCTV online tersebut untuk menghindari hal diatas. Lalu saya coba googling via internet dan ternyata Telkom Speedy sudah menyediakannya dengan menyediakan layanan Speedy Monitoring.

Speedy Monitoring, dapat memantau rumah kapan saja, dimana saja.

Setelah saya eksplorasi lebih jauh ternyata layanan ini sangat bermanfaat, selain mudah cara pemasangan juga berbiaya cukup murah. Kita tinggal beli IP camera yang sudah banyak beredar di toko-toko elektronik, lalu berlangganan Telkom Speedy. Bisa juga membeli dengan paket termasuk dengan IP camera. Saat ini sedang ada paket promo seharga Rp. 1.088.000,- sudah termasuk IP Camera Plug and View, free 1 tahun speedy monitoring termasuk biaya pengiriman. Hanya berlaku sampai 31 Desember 2012. Murah kan? kurang dari Rp.100.000/bulan. Coba bandingkan jika menggaji seorang satpam :)

Lebih baik mencegah sebelum segala sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Jika sudah terpasang kita tentunya bisa beraktifitas dengan tenang sepanjang hari dan bisa monitoring rumah kapanpun dan dimanapun baik melalui gadget, smarphone atau notebook di kantor dengan online monitoring. Adapun smartphone yang sudah compatible adalah Android, iPhone dan Windows Mobile.



Dan jika terjadi sesuatu yang mencurigakan tentu kita bisa langsung merekamnya dan akan menjadi alat bukti yang kuat. Rasanya sudah seperti di film-film Hollywood, kita bisa memantau walau jarak memisahkan. Berikut secara ringkas digambarkan cara kerja Speedy Monitoring.

(klik gambar agar lebih jelas)
Thanks to technology. Thanks to Speedy Monitoring!

11 comments:

Warna Warni Wawasan said...

Speedy memang bisa diandalkan. nice article..

Harrisma said...

terima kasih sudah berkunjung :)

Ahmad Saadillah said...

Hmmm, kalo listriknya mati gimana mas?
salam kenal
komentarin link

http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

berdasarkan blog catatan.saadillah.com
ya sob

Harrisma said...

kan ada genset hehehe...

alhusna said...

penggunaan teknologi secara bijak akan memberi manfaat bagi masyarakat :) Semangat ...

Harrisma said...

tepat guna dan tepat sasaran :)

borescope said...

wahhh bagus banget teknologi makin berkembang

timbangan said...

biayanya berapa ya untuk pemasangan CCTV ini

Harrisma said...

@borescope : iya thanks to technologi
@timbangan : paling murah 1 jutaan mas :)

Gamarina Isti Ratnasari said...

kereennn lengkap banget.. Sukses ya Pak

Harrisma said...

@Gamarina : terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ya. Semoga sukses :)