December 31, 2011

Resolusi Juara 2012 : Yuk Ciptakan Desa Internet

Ada satu keinginan selama tahun 2011 ini yang belum tercapai yaitu ingin membuat sebuah gerakan lewat sosial media untuk menciptakan sebuah program Desa Internet. Apa itu ?

Pernahkan terpikir apakah saudara-saudara kita yang berada jauh di desa terpencil memiliki fasilitas internet? Apakah mereka mengenal facebook, twitter, blog dan semua informasi tentang teknologi internet?

Rasanya mayoritas penduduk desa di Indonesia belum merasakan itu. Selama ini teknologi internet hanya dinikmati oleh masyarakat perkotaan dan paling jauh hingga tingkat kecamatan. Karena itulah saya mempunyai cita-cita membuat sebuah program Desa Internet yang dapat mengakses teknologi internet hingga ke desa-desa terpencil.

Dengan adanya Desa Internet, penduduk desa yang tidak mempunyai perangkat komputer dan akses internet dapat menikmati teknologi ini. Tentu dengan diberikan pelatihan terlebih dahulu. Tidak tertutup kemungkinan diberikan materi pembuatan blog sehingga mereka bisa menyalurkan aspirasi melalui blog pribadinya. Termasuk potensi desa seperti produk-produk unik yang tidak ada di tempat lain, potensi wisata, dan sebagainya.

warga desa sedang menikmati internet (sumber foto : www.rakyatmerdekaonline.com)

Darimana perangkat komputer dan modem-nya?

Lewat sosial media saya ingin mengajak para netter untuk membantu menyediakan donasi perangkat komputer bekas layak internet. Dengan perkembangan teknologi komputer yang cepat, tentu semakin banyak komputer-komputer baru yang hadir dan menggantikan komputer yang lama. Bahkan kita trend sudah beralih menggunakan Pad. Komputer lama yang tidak terpakai dari pada dijual murah lebih baik di donasikan saja untuk Desa Internet yang lebih bermanfaat. Saya yakin banyak orang yang akan melakukan donasi ini. Termasuk perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi pemerintah yang akan melakukan uppgrade komputernya.

Sedangkan untuk perangkat modem-nya menggunakan TelkomSpeedy yang jangkauannya sudah tidak diragukan lagi karena jaringannya didukung oleh Telkom Indonesia yang sudah puluhan tahun membangun infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Dimana ada tiang telepon, disitu kita bisa internetan. Selain itu TelkomSpeedy juga menyediakan beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Untuk di tingkat desa ada program aplikasi e-Kelurahan yang dapat digunakan untuk proses administrasi sehingga dapat membuat dokumen lebih tepat dan cepat. Selengkapnya dapat dilihat disini.

Jika semua itu terwujud, saya yakin tahun 2012 akan semakin banyak orang yang mengakses teknologi internet. Bukan hanya masyarakat perkotaan tapi sudah menjangkau desa-desa terpencil dan semakin banyak rakyat Indonesia yang memanfaatkan teknologi internet dan mengakses informasi.

Inilah Resolusi Juara 2012! semoga bisa terwujud.

3 comments:

manyun said...

di era globalisasi, desa gak boleh ketinggalan jaman, meski ingin tetap mempertahankan budaya desa mereka, tapi mereka butuh internet terutama bagi yang ingin tau tata cara panen, transaksi dan proses kirim hasil panen :)

MT said...

wow, semoga terwujud kang tekadnya!

Anonymous said...

wah,... sangat mendukung saya,.... bagaimanakah Pihak Telkom bisakah membantu untuk berikan layanan Internet Gratis,... dan adakah pihak yang suka rela menymbangkan PC atau jadi sponsor,...
saya mau mengajukan proposal jika da yang berkenan,

soalnya ini juga Program KKN saya,.. Trimakasih.
.
Maju Indonesia BISA.........