July 05, 2011

Dari A sampai Z : Seandainya Harry Potter Pakai simPATI

A - Albus Dumbledore : kepala sekolah Hogwards ini pasti ada dalam list pertama phonebook-nya Harry Potter

BBatu Bertuah (Sorcerer's Stone) merupakan film pertama seri Harry Potter. Jika saat itu Harry sudah pakai simPATI tentu Dumbledore tentu tidak perlu berkirim surat untuk mengajak Harry bersekolah di Hogwards, cukup SMS saja, " Harry Potter, Selamat! Kamu di Terima di Sekolah Hogwards"


C - Cerdic Diggory (Robert Pattinson) mungkin saja tidak akan tewas dalam film ke-4 Harry Potter and The Goblet of Fire karena dengan menggunakan simPATI Harry bisa minta bantuan Dumbledore saat bertarung dengan Voldemort.

D - Draco Malfoy, musuh bebuyutan Harry, tentu saja akan semakin iri jika Harry pakai simPATI karena bisa teleponan dan internetan berjam-jam

E - e-mail - Harry.Potter@simPATI.com

F - Friday Movie Mania - sudah tau kan siapa yang akan diajak nonton oleh Harry Potter? Ya tentu saja Ginny Weasley :)


G - Granger Hermione, sahabat Harry Potter, pasti akan sering pinjam HP-nya Harry Potter, dia bakal Googling apa saja yang selalu ingin diketahuinya

H - Hogwards, sekolahnya Harry Potter pasti sudah di pasang BTS supaya sinyal simPATI dapat diterima dengan baik.

I - Internet  - sudah pasti Harry bakal maen internet sepuasnya setiap ada waktu yah minimal update status atau nge-tweet :)

J - J.K Rowling, pengarang Harry Potter harusnya sejak awal memberi Harry senjata ampuh simPATI untuk membantu mengalahkan musuh-musuhnya

K - Victor Krum, Seeker Quidditch dari Bulgaria. Pasti Harry bakal lebih jago darinya karena bisa melihat permainannya lewat Youtube. 

L - Lily Potter, ibunya Harry, pasti menjadi wallpaper di handphone-nya

M - Muggle - jika Harry punya simPATI tentu saja dia akan mudah berhubungan langsung dengan para muggle atau manusia biasa seperti keluarga Dursley.

N - Nomor Perdana Harry Potter 0812-4-768837 alias 0812-H-POTTER

O - Orde of The Phoenix - film ke 5 Harry Potter, harusnya Harry masuk Group BB Orde Phoenix ini agar komunikasi lebih update

P - PING! Sebelum BBM-an pasti Harry menggunakan PING! terlebih dahulu, agar lebih sopan :)

Q - Quidditch - sebuah permainan dalam serial Harry Potter, setiap malam pasti Harry akan memainkan permainan ini lewat game online

R - Ronald Weasley, sahabat Harry Potter, saat liburan mereka bisa chatting sepuasnya walau jarak jauh memisahkan mereka 

S - Sirius Black, sahabat ayahnya Harry Potter, tidak perlu nyamar berpanas-panas menjadi bara api dalam menyampaikan pesan kepada Harry, cukup TM spasi ON kirim ke 8999 dia bisa ngomong berjam-jam sama Harry Potter. 


T - Tongkat Harry Potter disimpan di pinggang sebelah kiri sedangkan handphone simPATI disebelah kanan.

U - Unlimited - Harry pasti akan memilih simPATI internet mania paket unlimited soalnya hanya Rp 5.000.-seharian

V - Voldemort - musuh utama Harry Potter, kayaknya dia bakal mati di episode akhir nanti karena Harry udah pake simPATI jadi dia bisa minta bantuan teman-temannya kalau diserang Lord Voldemort.

W - Weasley, sepertinya Harry bakal menjadi bagian keluarga ini. Bersama Ron dan Hermione. Makanya perlu bikin grup BBM "Weasley Family"

X - Xtra - jika Harry melakukan SMS beberapa kali, dia pasti dapat bonus ekstra 500 SMS semua operator

Y - Yes! ucap Harry Potter saat dapat balasan SMS dari Ginny Weasley.

Z - sebuah tanda yang dibuat Voldemort di kening Harry. Tanda Z ini salah, harusnya tanda S yang berarti simPATI :)

 

June 21, 2011

Talk Show Bersama Legendaris Bola Basket Amerika

June 15, 2011

EPSON L100 DIMATAKU : PRINTER HEMAT INDONESIA BANGET!

Printer merupakan salah satu peralatan yang vital di kantorku. Tanpanya laporan-laporan yang harus segera dikirim ke klien tentu akan terhambat. Untuk menghemat kami menggunakan printer yang  dimodifikasi dengan infus secara manual. Awalnya memang hemat, namun lama kelamaan printer sering ngadat, tinta macet, malah harus ganti catridge karena menggunakan tinta yang tidak original. Bukannya menghemat malah jadi over budget. Ditambah printer yang terlihat acak-acakan dengan kabel dimana-mana dan tinta printer yang berceceran. Ternyata menggunakan printer modifikasi memang cukup. Cukup merepotkan!

Printer modifikasi dengan segala kerepotannya

Beberapa waktu kemudian saya mendengar ada printer yang sudah menggunakan sistem tangki (Ink Tank System) dari pabriknya langsung. Lalu saya googling dan menemukan Epson L100. Segera saja saya sampaikan kepada atasan di kantor. Saya beritahu segala kelebihannya seperti seorang sales perusahaan tersebut. Dan akhirnya usulan saya disetujui. Besoknya bagian purchasing langsung membeli Epson L100.

Kini Epson L100 sudah terpasang dengan rapi di ruang Electronic Data Processing (EDP). Tidak ada tinta yang berceceran. Tidak ada kabel yang berantakan. Semuanya rapi. Banyak sekali kelebihan tipe ini. Dalam 1 botol tinta hitam bisa print sebanyak 8 Rim atau 4.000 lembar dan 3 botol warnanya bisa mencetak sampai 6.500 lembar. Bahkan printer ini mencatatkan rekor MURI (Musium Rekor Indonesia) untuk "Tinta Printer Orisinil yang Menghasilkan Cetakan Terbanyak" yang mampu mencetak 22.022 halaman. Beritanya bisa dilihat disini. Dan jika dihitung biaya print per lembar hanya Rp 15,- jauh lebih murah dari fotocopy yang sudah mencapai Rp 150,- Dengan harga Rp 1.300.000.- printer ini Value for Money banget. 

Printer L100 ini memang hemat dan sangat mengerti akan kebutuhan printer di Indonesia. Para periset di Epson mungkin melihat fenomena orang Indonesia yang 'kreatif' dalam berbagai hal termasuk membuat tabung infus tambahan yang dapat menghemat tinta original dan mengatasi mahalnya catridge. Namun ada beberapa kelemahan dengan sistem infus tambahan ini. Pertama tentu saja illegal karena menggunakan tinta bukan original, kedua printer menjadi tidak original lagi karena beberapa bagian ada yang dimodifikasi dan yang ketiga printer menjadi berantakan karena banyaknya kabel yang berseliweran dimana-mana. Belum lagi jarum suntik berserakan jika tintanya sudah habis. Dengan hadirnya Epson L100 ini rasanya semua persoalan sudah terjawab. Rasanya era printer infus modifikasi akan segera berakhir.

EPSON L100, dengan Ink System dari pabrik terlihat lebih rapih

Epson L100 benar-benar hemat dan menjadi dambaan pengguna printer di Indonesia. Kita bisa membuktikan jika kita menulis di www.Google.com dengan kata kunci "printer hemat di Indonesia" maka yang muncul paling atas adalah [klik disini]

Terima kasih EPSON untuk L100-nya, printer ini bener-bener Indonesia banget!
sumber gambar: www.epson.co.id

June 13, 2011

Kisah Legenda Kuliner Nusantara

Festival Jajanan Bango (FJB) merupakan kegiatan yang digagas oleh Kecap Bango untuk mempopulerkan makanan tradisional Indonesia sehingga makanan warisan leluhur terus menjadi bagian tak terpisahkan dari semua keluarga di Indonesia. Setiap tahun Bango menggelar Festival Jajanan Bango (FJB) guna mewujudkan komitmen Bango sebagai bagian tak terpisahkan dari citarasa asli makanan Nusantara.

Tahun ini FJB mengusung tema Festival Jajanan Bango – Kuliner Legenda Nusantara. Hal ini merupakan bentuk penghargaan yang Bango tujukan kepada begitu banyak sosok legenda yang telah berjasa dalam melestarikan kuliner Nusantara melalui hidangan legendaris yang mereka persembahkan. Para legenda ini memiliki komitmen dan kecintaan yang begitu tinggi terhadap hidangan mereka, sehingga menjadi kuliner khas, kuliner lintas waktu, lintas generasi yang bertahan menembus jaman dan tentunya dicinta penggemarnya.

Untuk tahun 2011 diselenggarakan di 5 kota yaitu di BekasiDepokSidoarjoKediri dan Malang. Tempat pertama yang sudah disinggahi adalah Bekasi yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2011  lalu. Kemudian dilanjutkan ke Kota Sidoarjo pada tanggal 14 Mei 2011. Kini Legenda Kuliner Nusantara akan mendatangi Kota Depok pada hari sabtu tanggal 18 Juni 2011 mendatang di Stadion Merpati, Jalan Gelatik Raya Depok I.

Adapun Legenda Kuliner Nusantara yang akan hadir di  Aneka Bandeng Bakar dan Asap Tanpa Duri Khas Sidoarjo, Depot Legendaris Tahu Campur Cak Kahar Surabaya, Nasi Jamblang Mang Doel Cirebon dan jajanan tradisional lainnya dari seluruh Indonesia.

Selain itu ada harga serba Rp.12.000.- dengan mendapat Gratis Kecap Bango 85 ML . Selain kuliner ada juga kesenian rakyat dan hiburan lainnya. Untuk warga Depok dan sekitarnya jangan lewatkan kesempatan emas ini! 

June 06, 2011

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah

Kini hadir komputer tablet terbaik dan murah di Indonesia yaitu Acer Iconia Tab A500 yang menawarkan Android 3.0 alias Honeycomb pada layar 10.1-inch bersama dengan GPS, kamera depan dan belakang, kompatibilitas Adobe Flash, full-size port USB host, output HDMI, dan harga yang murah dibanding produk lain sekelasnya. Berikut ini beberapa fitur keunggulannya.

DESAIN
Seperti halnya tablet yang layak, pusat dari desain Acer Iconia Tab A500 adalah layar. Berukuran 10,1 inci dan resolusi 1.280 membual LED-backlit x800-pixel, layar tablet itu sangat cocok dengan Android. Dan karena Honeycomb menggerakkan kontrol navigasi Android dari hardware dan ke layar sentuh, layar, lebih akurat dari sebelumnya.
Flip berada di bagian atas, dan kamera 5 megapiksel di bagian belakang dengan lampu kilat LED terpadu. Bagian belakang ditutupi dengan aluminium metal, Di dekat bagian bawah ada  sepasang stereo speaker dari aluminium. Sepertinya tangan kita akan menutupi speaker tapi hal itu tidak berpengaruh pada kualitas suara. Sebuah kamera juga terletak di bagian depan, dekat sudut kiri atas layar. Dimaksudkan untuk digunakan untuk chatting video (menggunakan aplikasi Google Talk termasuk) atau untuk potret diri, kamera ini menggunakan sensor 2-megapixel yang lebih rendah, tetapi masih bisa digunakan untuk merekam video definisi standar.

HARDWARE DAN PORTS
Acer Iconia Tab A500 menggunakan prosesor dual-core Tegra Nvidia 2 dan 1GB RAM, dan masing-masing menawarkan 802.11 n Wi-Fi, output HDMI terintegrasi, dukungan untuk Bluetooth 2.1, accelerometer, giroskop, GPS, kompas digital , dan memori ekspansi melalui MicroSD.
Di sisi Tab Iconia kita akan menemukan sejumlah port logis ditempatkan dan tombol. Di sebelah kiri akan ditemukan tombol power, jack headphone, dan Micro-HDMI. Sisi kanan mendukung adaptor listrik yang disertakan, dan menawarkan sinkronisasi Micro-USB, dan port USB ukuran penuh host untuk menghubungkan keyboard atau thumb drive.

OS ANDROID 3.0 HONEYCOMB
Android tablet-dioptimalkan Honeycomb OS merupakan komitmen Google untuk tablet. Dengan pengecualian dukungan warisan yang sudah ada aplikasi Android, Honeycomb adalah perubahan dramatis dari Android smartphone.

Perlu beberapa waktu untuk terbiasa dengan navigasi Honeycomb's. Gone adalah navigasi empat tombol yang akrab di bagian bawah layar. menu kontekstual dan pilihan yang diakses melalui bagian atas layar; pemberitahuan yang keluar dari kanan bawah, dan panah kembali akan berubah menjadi tanda panah bawah ketika keyboard bergerak, yang memungkinkan kita untuk menyembunyikan atau mengungkapkan keyboard.

Melalui penggunaan widget Android, kita dapat  masuk ke Twitter stream, berita, dan saluran YouTube, semua dalam satu tampilan. Secara keseluruhan terasa lebih seperti setumpuk kartu di atas meja bermain.Tinggal dibuka tutup saja.
Kemudahan Android 3.0 mengaburkan batas antara OS mobile dan desktop konvensional. Home kustomisasi layar dipecah menjadi kategori terpisah untuk widget, cara pintas aplikasi, dan cara pintas aplikasi-spesifik, seperti bookmark browser dan label Gmail. Akan ada orang-orang yang akan senang dengan fleksibilitas dan pilihan yang ditawarkan oleh Honeycomb. 

KINERJA
Dalam hal kinerja sistem umum, Acer Iconia Tab A500 memiliki kecepatan yang dapat diandalkan jika dibanding dengan tab sekelasnya. Demikian pula untuk kualitas foto dan video. Dalam hal baterai, Acer tingkat Tab Iconia pada 8 jam pemutaran video HD atau 10 jam browsing Internet. Acer Iconia Tab A500 adalah yang pertama dari banyak Honeycomb tablet Android dengan harga dibawah Rp 5.000.000.- 

SPESIFIKASI LENGKAP 

General
  • Product Type Web tablet
  • Width 10.2 in
  • Depth 0.5 in
  • Height 7 in
  • Weight 1.5 lbs
  • Color Silver

Display

  • Display Type 10.1 in TFT active matrix - LED backlight - Yes
  • Display Resolution 1280 x 800

Memory

  • Flash Memory 16 GB Integrated
  • RAM 2 GB,
    DDR2 SDRAM
  • Supported Flash Memory Cards microSD,
    microSDHC
  • Max Supported Capacity 32 GB

Processor

  • Processor 1 GHz,
    NVIDIA Tegra 250
  • Multi-Core Technology Dual-Core

Communications

  • Wireless Connectivity 802.11b/g/n,
    Bluetooth 2.1 EDR

Digital Camera

  • Rear-facing Camera Yes
  • Sensor Resolution 5 megapixels
  • Focus Adjustment Automatic
  • Camera Light Source LED light
  • Front-facing Camera 2 Megapixel

Multimedia Functionality

  • Audio Stereo microphone , speaker(s) - Stereo

GPS System

  • GPS Navigation GPS receiver

Input Device

  • Type Touch-screen

Battery

  • Installed Qty (Max Supported) 2
  • Technology / Form Factor Lithium polymer
  • Capacity 3260 mAh
  • Run Time (Up To) 10 hour(s)
  • Run Time Details Web browsing over Wi-Fi - up to 10 hour(s),
    Video playback - up to 8 hour(s)

Expansion / Connectivity

  • Expansion Slot(s) 1 x microSDHC
  • Interfaces 1 x Audio / video - HDMI - 19 pin micro HDMI Type D,
    1 x Hi-Speed USB - 4 pin USB Type A,
    1 x Hi-Speed USB - 5 pin Micro-USB Type B,
    1 x Audio - Line-out/microphone - Mini-phone 3.5 mm,
    1 x Docking / port replicator
  • USB Host Yes

Power

  • Voltage Required AC 120/230 V

Miscellaneous

  • Sensors Proximity sensor,
    Accelerometer,
    Ambient light sensor,
    Three-axis gyro sensor,
    Digital compass
  • Included Accessories Power adapter
  • Cables Included 1 x USB cable
  • Compliant Standards WEEE,
    RoHS
  • Localization United States

Operating System / Software

  • OS Provided Android 3.0 Honeycomb

Manufacturer Warranty

  • Service & Support 1 year warranty
  • Service & Support Details Limited warranty - 1 year,
    Traveler warranty - 1 year
     
Dengan Desain, Hardware, Fitur ,Kinerja dan Spesifikasi yang sangat mumpuni dan dengan harga yang sangat value for money maka tablet Acer Iconia Tab A500 sangat layak jika disebut Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah 

    May 08, 2011

    Sejarah Pocari Sweat : Perjalanan Panjang Untuk Mencapai Sebuah Kesuksesan


    Kesuksesan Pocari Sweat sebagai produk minuman kesehatan yang terkemuka tidak didapat dalam waktu singkat. Membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan hasil hingga bisa sukses seperti saat ini. Perlu perjuangan, kegigihan dan pengorbanan untuk mencapainya. Berikut ini kisah perjalanan sejarah Pocari Sweat dari awal hingga mencapai kesuksesan.
    .
    ***
          (1)
    Sebuah Awal

    Tokushima, 1973

    Di sebuah pabrik terlihat seseorang sedang mengamati para pekerja sedang melakukan tugasnya. Secara tekun dia mengawasi dan memastikan bahwa tidak ada masalah dalam proses produksi. Berusaha dekat dengan para pekerja dan berinteraksi dengan mereka.  Dia adalah Akihiko Otsuka , kepala pabrik di Otsuka Pharmaceutical. Akihiko merupakan anak dari Masahito Otsuka yang menjadi presiden direktur dan cucu dari pendiri perusahaan. Dalam kepemimpinan Masahito yang  kharismatik, perusahaan sudah memproduksi beberapa obat yang menjadi andalan perusahaan seperti obat oles Oronine G dan minuman Oronamin C.  Seakan tidak mau kalah dengan kesuksesan kakek dan ayahnya, Akihiko ingin menciptakan sebuah produk yang belum pernah ada. Akihiko yang baru berusia 35 tahun bertekad untuk mengembangkan produk yang dapat menjadi pilar perusahaan dengan tangannya sendiri. 

    Suatu hari Akihiko didatangi oleh Rokuro Harima, salah seorang staf-nya yang bertanggung jawab dalam pengembangan minuman. Harima yang berpenampilan serius dijuluki sebagai ahli rasa dan dipercaya menangani pengembangan produk andalan Oronamin C. Harima mengeluarkan sebotol cairan infus dan mengusulkan dijadikan sebuah produk minuman. Usul ini tentu saja membuat kaget dan bingung Akihiko, bagaimana mungkin cairan infus bisa menjadi sebuah minuman?

    Harima lalu bercerita tentang pengalaman buruk yang dialaminya saat berada di Meksiko. Saat itu Harima yang sedang melakukan survey mengalami diare parah karena kondisi air bersih disana cukup buruk. Dia dirawat di rumah sakit yang fasilitas medisnya terbatas, bahkan cairan infus pun tidak ada. Oleh seorang dokter dia diberi obat harus minum dengan air soda karena kondisi air putih disana kurang baik. Dokter itu lalu menjelaskan  air dan zat gizi berkurang secara drastis karena diare . Kalau tidak menambah kadar air tubuh akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Akhirnya Harima mengerti dan teringat peristiwa ketika melihat seorang dokter yang meminum cairan infus untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan operasi berjam-jam. Saat itu Harima mempunyai ide untuk mengembangkan  cairan infus sebagai produk yang layak diminum.

    Akihiko menyimak serius pengalaman dan ide Harima tadi. Sesaat dia meresapi usulan itu.Namun menurutnya belum saatnya cairan infus diproduksi menjadi layak minum. Harima terlihat sedikit kecewa dengan jawaban tersebut.
    ***

    (2)
    Eksperimen

    Tanpa terasa tiga tahun waktu berlalu. Tahun 1976 Akihiko Otsuka sudah menjadi Presiden Direktur Otsuka Pharmaceutical ke-3 dalam usia 38 tahun menggantikan posisi ayahnya. Pada suatu hari Akihiko memanggil Harima kedalam ruangannya. Harima datang didampingi staf-nya seorang peneliti muda yang bernama  Akihisa Takaisci yang berusia 33 tahun. 

    Akihiko mengungkapkan bahwa dia ingin mengembangkan minuman cairan infus yang diusulkan oleh Harima tiga tahun yang lalu. Harima cukup kaget mendengarnya, namun terlihat senang dan tersenyum - suatu hal yang sangat jarang terjadi. Akihiko menambahkan, inilah saatnya untuk mengembangkan minuman tersebut dengan alasan banyak orang melakukan jogging yang sedang trend. Dengan jogging otomatis keringat akan banyak keluar dari tubuh. Akihiko ingin menciptakan sebuah minuman kesehatan yang bisa menggantikan cairan keringat yang sudah keluar dari tubuh tadi, tentu dengan komposisi yang sama dengan dengan keringat agar tenaga cepat pulih kembali. Namun tentu saja dengan rasa yang berbeda dengan keringat. Konsep rasa dijelaskan oleh Akihiko yaitu membuat minuman yang mempunyai rasa yang tidak membosankan. Walaupun diminum setiap hari tetapi harus terasa enak ditenggorokan!

    Setelah mengerti apa yang diinginkan oleh sang presdir, akhirnya Harima dan Takaichi meninggalkan ruangan. Harima menyerahkan tugas ini sepenuhnya kepada Takaichi dan menyanggupinya.

    ***
    Sejak saat itu Takaichi mulai melakukan eksperimen-eksperimen. Dimulai dengan pergi ke sauna untuk mengetahui bagaimana rasa keringat itu sesungguhnya dan ternyata rasanya asiiiiiin banget bisiknya saat mencicipi keringatnya sendiri. Lain waktu dia berjalan-jalan disekitar kantor, kembali menyimpan keringatnya ke dalam gelas. Sesampainya di laboratorium dia menganalisa komposisi keringatnya saat berjalan dan membandingkannya dengan keringat saat disauna.  Dan ternyata hasilnya cukup mengagetkan. Komposisi nilai konsentrasi kadar garam atau ion Natrium saat di sauna mencapai 145, sedangkan saat berjalan hanya 20. Takaichi baru menyadari bahwa keringat-pun memiliki beberapa jenis. Untuk mandi sauna atau olahraga berat menciptakan keringat dengan kadar garam yang tinggi sedangkan kegiatan sehari-hari menciptakan keringat dengan kadar garam rendah. Minuman yang ingin diciptakan oleh perusahaan adalah minuman menambah kadar air tubuh dalam kehidupan sehari, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minuman yang harus dibuat adalah dengan membuat minuman dengan komposisi kadar garam yang rendah.

    Lalu Takaichi membuat minuman ujicoba, dengan persis mengikuti komposisi keringat saat dia berjalan-jalan. Setelah mendapat rasa yang diinginkan kemudian dia menghadap Harima untuk melaporkan hasil eksperimennya.  Harima segera meminum ramuan tersebut. Sebagai seorang ahli rasa dia mengatakan dengan jujur bahwa minuman itu rasanya pahit. Dalam komposisi keringat, selain mengandung  ion Natrium yang mengandung rasa asin, terkandung juga Ion Kalium dan Magnesium yang mengandung rasa pahit. Inilah yang menyebabkan ramuan Takaichi ada rasa pahit. Harima mengatakan bahwa rasa pahit tidak bermasalah jika diminum sebagai obat, namun ia mengingatkan bahwa yang ingin diciptakan oleh perusahaan adalah sebuah minuman ringan. Jadi, jangan lupakan itu! ujarnya sambil meninggalkan Takaichi yang terlihat kebingungan.

    ***
    (3)
    Penemuan Tak Terduga

    Tahaichi berusaha keras menciptakan minuman yang diinginkan perusahaan. Bukan hanya di kantor, dirumah pun dia masih memikirkan minuman tersebut. Bahkan pada hari libur sekalipun dia tetap melakukan penelitian. Dan akhirnya terlintas ide untuk menambah pemanis alami untuk menghilangkan rasa pahit. Hal itu diakui Harima saat mencicipi ramuan baru tersebut. Namun yang menjadi permasalahan baru adalah minuman itu justru menjadi manis. Komposisi menjadi tidak seimbang ungkap Harima. Apa yang ingin diciptakan perusahaan adalah minuman kesehatan, bukan minuman jus. Maka kadar gulanya harus ditekan serendah mungkin. Harima mengingatkan kadar gula dalam minuman tersebut harus dibawah 10%. Saat itu hampir semua minuman memiliki kadar gula 12% dan itu menjadikan minuman itu laris. Takaichi berpikir keras untuk menemukan ramuan yang diinginkan oleh atasannya itu.  Ia kembali berkutat dalam lab ujicobanya. Minuman yang tidak terlalu manis tanpa rasa pahit. Lebih dari 1000 jenis ujicoba sudah dibuatnya. Dengan tekun dan tanpa putus asa, Takaichi mencoba dan mencoba eksperimen yang dibuatnya.  
    ***
    Dan akhirnya setelah hampir 3 tahun melakukan eksperimen dan serangkaian ujicoba. Suatu hari di bulan Mei 1979 Harima membawa ramuan tersebut kepada Akihiko. Sang presdir segera meminum ramuan terbaru itu. “Masih tetap ada rasa pahit”, ucapnya dingin dan dibenarkan oleh Harima. Takaichi merasa tertekan dan menghela nafas panjang.

    Kemudian salah seorang karyawan  masuk ke dalam ruangan , dia ingin Presiden Direktur Akihiko menguji minuman uji coba serbuk instan yang sedang dikembangkan. Minuman itu segera dicicipi. Masih belum sempurna, ucapnya datar.

    Akihiko terlihat menerawang. Tanpa diduga dia mencampurkan kedua minuman yang belum sempurna itu dan segera mencicipinya. “Ini baru enak!” ucapnya penuh keyakinan. Harima dan Takaichi ikut mencicipi. Harima membenarkan.  Rasa pahitnya hilang, ujar Takaichi. Ternyata minuman instan rasa jeruk ini bisa membuat netral.  Harima menjelaskan mungkin rasa pahit yang khas dari jeruk dapat menutupi rasa pahit yang tidak enak. Presiden Direktur Akihiko tersenyum dan kembali meminum racikan campurannya tadi dan tersenyum penuh kemenangan.  Sejarah besar akan segera dimulai.  
    ***
    Takaichi kembali bersemangat. Dia membeli berbagai jenis jeruk dan mencampurnya dengan minuman kesehatan. Setelah melakukan serangkaian ujicoba akhirnya dia menemukan jenis jeruk  yang berhasil menutupi rasa pahit.  Takaichi akhirnya berhasil membuat minuman dengan kadar gula dibawah 10%. Terpilih 2 jenis minuman untuk ujicoba tahap akhir : kadar gula  6,2% dan 7%. Untuk memperoleh tanggapan yang objektif Harima meminta peneliti lain untuk mencobanya. Para peneliti menyukai rasa manis yang secara mutlak yaitu kadar gula 7%.

    Namun Harima sang ahli rasa mempunyai suatu ide.
    ***
    Beberapa hari kemudian, sesudah ujicoba di laboratorium Harima mengajak para peneliti bawahannya melakukan naik gunung dalam kota Tokushima. Sesampainya di puncak gunung Harima mengeluarkan dua jenis botol minuman : A dan B. Harima kemudian meminta para peneliti meminumnya. Semua mengatakan bahwa minuman A terlalu manis dan B lebih enak. Harima mengatakan bahwa minuman A dengan kadar gula 7% dan minuman B 6,2%. Harima menjelaskan saat berkeringan minuman dengan kadar gula sedikit terasa segar dan lebih enak. Selain itu karena ini minuman kesehatan maka harus terasa enak diminum saat kita melakukan aktifitas. Harima kembali tersenyum. 
    ***
    Harima dan Takaichi kembali menghadap Presiden Direktur Akihiko. Setelah mencicipi minuman yang ditawarkan tanpa ragu Akihiko menyetujui minuman tersebut. Dalam sebuah rapat dengan direksi, Akihiko memperkenalkan minuman yang baru kembangkan dan meminta direksi untuk mencobanya. Seorang direksi dengan terus terang kurang menyukai minuman tersebut karena rasanya tawar.  Direksi lain mengatakan rasanya asin dan tidak akan laku. Hampir semuanya memberikan reaksi negative. Hingga akhirnya Presiden Direktur Akihiko angkat bicara.

    “Saya mengerti tanggapan Anda. Tetapi Anda saat ini meminumnya dalam ruangan rapat. Coba meminumnya setelah berkeringat dan dipersilahkan minum berulang kali . Dengan demikian Anda baru akan mengerti hebatnya produk ini.” 

    Kemudian Akihiko berdiri dan dengan penuh keyakinan mengatakan,  “Saya putuskan perusahaan kita akan menjual minuman ini!” Lalu menatap Harima dan Takaichi dibalas dengan anggukan keduanya. Mereka lega dengan keputusan ini. Akhirnya setelah beberapa tahun bereksperimen, hasil kerja keras mereka dapat terwujud dan akan di produksi.

    Produknya diberi nama Pocari Sweat , yaitu kata Pocari yang memiliki kesan menyegarkan dan digabung dengan kata Sweat yang memiliki arti keringat dalam bahasa Inggris.
    ***

    (4)
    Reaksi Konsumen

    Pada bulan April 1980 penjualan Pocari Sweat dimulai. Tim marketing yang dipimpin Jiro Tanaka oleh mulai mengunjungi toko pengecer langganannya. Namun ketika para pengecer mencoba rasa Pocari Sweat mereka menolak karena rasanya tidak lazim. Mereka mengatakan rasanya tanggung, manis tidak, asin juga tidak. Mereka juga tidak yakin bahwa minuman tersebut akan laku dan menolak untuk menjual di tokonya. Demikian pula dengan toko pengecer lainnya.

    Tim marketing tidak putus aja. Mereka membuat kios diberbagai event dan menawarkan langsung kepada konsumen. Namun dengan cara seperti ini pun gagal. Konsumen merasa minuman ini rasanya aneh dan nggak jelas. Bahkan diantaranya ada yang marah dan mengguyur seorang marketing dengan Pocari Sweat dari gelasnya.

    Reaksi konsumen sangat buruk, sebagaimana yang sudah dicemaskan oleh direksi. Jajaran marketing cukup terpukul dengan kondisi ini. Presiden Direktur Akihiko berpikir keras  dan membuat keputusan yang cukup mengagetkan dengan menyuruh para marketing membagikan Pocari Sweat secara gratis dengan jumlah tidak terbatas.

    Akihiko mengatakan bahwa keunggulan Pocari Sweat tidak bisa dirasakan kalau tidak diminum berulang-ulang. Jangan menghitung kerugian dulu, yang penting  mensosialisasikankonsep produk secara tepat daripada menjual produk. Dengan demikian nanti konsumen akan mengerti konsep Pocari Sweat ujarnya dengan penuh keyakinan. Dan penjualan akan meningkat belakangan lanjutnya, ucapnya meyakinkan para marketing. 

     ***

    (5)
    Titik Balik

    Tanaka dan para staf marketing saling berbagi ide, dimana tempat yang paling efektif untuk membagikan Pocari Sweat secara gratis. Dan dimulailah operasi pembagian Pocari Sweat secara gratis besar-besaran di seluruh Jepang. Tanaka menuju ke lapangan baseball sambil berteriak-teriak memanggil anak-anak untuk berkumpul dan mencoba Pocari Sweat secara gratis. Dia langsung membuka cool-box dan membagikan Pocari Sweat kepada semua anak yang tengah kehausan setelah capai bermain baseball.

    Anak-anak segera meminumnya dan ketika ditanya Tanaka bagaimana rasa minuman tersebut mereka menjawab serempak, “Enaaaaak!” Tentu saja Tanaka senang dan semakin bersemangat menjelaskan manfaat dan konsep Pocari Sweat sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang ketika olahraga.

    Staf marketing yang lain membagikan Pocari Sweat di berbagai tempat dan mendapat reaksi yang positif dari calon konsumen. Kepada konsumen yang baru selesai mandi , kepada ibu-ibu yang kelelahan. Rata-rata mengatakan rasanya aneh tapi enak. Mungkin mereka belum familiar dengan rasa tersebut.  

    Tanaka dalam laporan kepada Presiden Direktur Akihiko mengatakan bahwa konsumen sudah menyadari bahwa Pocari Sweat itu sangat bermanfaat. Namun dari divisi keuangan melaporkan bahwa perusahaan sudah mengalami kerugian hingga Rp 400 Milyar dengan pembagian gratis ini dan meminta segera dihentikan. Namun Akihiko berpendapat lain. Dia ingin tetap program gratis ini diteruskan hingga akhir tahun dengan suatu keyakinan bahwa suatu saat keuntungan besar akan diraih.

    ***
    Musim Panas 1981

    Telepon berbunyi di ruangan marketing. Tanaka segera mengangkatnya sambil mengipas-ngipas tubuhnya karena kepanasan.  Ternyata telepon dari salah seorang pelanggannya. Lalu dia terlonjak kaget. “Hah! Stok Pocari Sweat Sudah habis?” ucapnya setengah berteriak.  Tiba-tiba banyak permintaan untuk mengirim Pocari Sweat dari penjuru negeri.  

    Dengan konsep dan rasa yang sudah dimengerti konsumen dan hasilnya berbuah pada musim panas tahun kedua. Penjualan melonjak hingga 3 kali lipat dari Rp 900 milyar (1980)menjadi  Rp 2,6 triliun (1981)
    Keyakinan Presiden Direktur Akihiko akhirnya berbuah. Untuk mencapai sebuah kesuksesan diperlukan perjuangan, kegigihan dan pengorbanan. Itulah filosofi yang dipegang teguh oleh Akihiko yang didapat dari ayah dan kakeknya. 

    ***
    Secara lengkap, sejarah Pocari Sweat dapat dilihat di video dibawah ini :

    May 04, 2011

    Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia

    Jika mendengar kata Mercedes-Benz pasti ingatan kita tertuju pada sebuah mobil mewah. Tidak dapat dipungkiri bahwa nama tersebut sudah melekat dalam benak orang Indonesia sebagai mobil mewah dan berkelas. Mulai dari presiden pertama hingga yang terakhir memakainya. Demikian pula dengan para pejabat pusat sampai daerah. Para pengusaha menggunakan kendaraan ini sebagai lambang kemapanan. Bahkan logo Mercedez Benz dijadikan lambang sebuah partai politik. Tau kan partai yang dimaksud :)


    Selain itu nama Mercedes-Benz juga sudah melegenda. Masih ingat dengan Mercy Tiger? Mobil jenis ini menjadi buruan para kolektor untuk di koleksi. Setelah itu ada New-Eye, Cibo (C-180) dan seri 318 yang menjadi kebanggaan anak muda (ingat film Catatan Si Boy).

    Kehandalan mesin Mercedez-Benz juga sudah dibuktikan dalam dunia balap. Dengan nama Mercedes Grand Prix sudah mengikuti kejuaraan sejak tahun 1923 yaitu Grand Prix Motor Racing yang merupakan cikal bakal Formula 1. Beberapa kali menjadi juara dunia dan melahirkan pembalap legendaris seperti Juan Manuel Fangio yang menjadi juara Formula 1 5 kali. Mika Hakkinen juara 3 kali , Lewis Hamilton dengan tim McLaren Mercedez tahun 2008 dan terakhir Jenson Button dengan tim Brawn GP yang menggunakan mesin Mercedez menjadi juara dunia Formula 1 pada tahun 2009.

    Hal tersebut membuktikan bahwa Mercedes-Benz sudah diakui keberadaanya. Bukan hanya kemewahan tetapi juga kehandalan, kecepatan, keselamatan dan kenyamanan. Tidak salah jika dikatakan bahwa Mercedez-Benz merupakan mobil mewah terbaik di Indonesia.

    April 20, 2011

    Kartini Digital Ditengah Arus Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

    Dalam dua dekade terakhir ini, teknologi informasi dan telekomunikasi  banyak mengalami perkembangan yang pesat. Banyak manfaat yang didapat dengan memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Demikian juga dengan teknologi dalam bidang komunikasi, teknologi digital membuat semua orang dapat menikmati kemudahan dalam berkomunikasi dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

    Peran teknologi informasi dan telekomunikasi dalam pemberdayaan wanita antara lain dapat memanfaatkan internet untuk sesuatu yang positif. Dengan memanfaatkan internet yang kini bisa dengan mudah di akses dari rumah atau dari handphone wanita bisa berperan dalam mengembangkan usaha atau bisnis sesuai dengan minat dan hobi sesuai  kapasitas dan kemampuannya. Wanita jangan mau dicap sebagai kaum konsumtif yang hanya memanfaatkan teknologi  terbaru untuk kepentingan lifestyle. Memburu handphone atau gadget terbaru agar tidak disebut ketinggalan jaman. Pemanfaatannya hanya sebatas update status sosial media seperti Facebook atau  nge-tweet agar tetap dianggap eksis, membuka website hanya untuk melihat gosip seleb terbaru, broadcast berita atau gambar yang nggak penting bahkan HOAX. Ada juga  yang malu saat diminta PIN sebuah gadget karena belum memiliki. Aduh kalau yang ini bukan Kartini Digital deh.
    Kartini Digital dapat memulai memanfaatkan teknologi informasi seperti internet untuk sesuatu yang produktif. Jangan hanya jadi konsumen saja, jadilah produsen! Jika hobi menulis, dapat memanfaatkan internet dengan membuat blog yang kini semakin mudah diakses berbasis blogspot atau wordpress. Dapat juga menulis langsung di blog media seperti kompasiana atau blogdetik. Semuanya mudah dan gratis tidak perlu memikirkan pembayaran hosting dan bandwith.

    Menulis juga bisa apa saja, mulai dari resep memasak, cerita ringan sampai pengalaman saat berkunjung ke suatu tempat. Banyak penulis wanita yang lahir dari awal seperti ini seperti Trinity dan Nonadita yang sudah melanglang buana ke berbagai pelosok negeri bahkan keluar negeri berkat menulis lewat blog. Kumpulan tulisannya pun sudah dibuat dalam beberapa buku. Ada juga penulis yang mengkhususkan diri menulis untuk mengikuti suatu lomba yang berhadiah wah, ya seperti XL Kartini Digital ini, lebih dari lumayan kan kalau dapat iPAD :)

    Jika ingin lebih fokus dapat membuat sebuah website yang sesuai dengan bidang yang diminati. Ini menunjukkan bahwa kita serius dan profesional dalam bisnis tersebut. Cukup banyak pengusaha wanita yang sukses dengan menjalankan bisnis online ini. Mereka inilah Kartini Digital yang sesungguhnya. Mereka dapat memanfaatkan kemajuan teknologi menjadi jembatan untuk menyalurkan minat atau hobi bahkan bisnis yang menghasilkan materi yang lumayan.
    Teknologi Informasi dan Telekomunikasi merupakan jembatan untuk memberdayakan  kaum wanita, sekarang saatnya Kartini Digital memanfaatkan peluang tersebut.
    Saya yakin, jika Ibu Kartini hadir pada saat ini, beliau akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi semaksimal mungkin. Beliau akan membuat sebuah website, mungkin namanya www.kartini.com agar mudah diingat. Disana beliau juga akan menulis semua apa yang dicita-citakannya. Menulis e-book "Habis Gelap Terbitlah Terang" dan tidak perlu berkirim surat lagi dengan sahabat-sahabatnya di Belanda, cukup dengan e-mail dan saat itu juga bisa langsung dibaca, bahkan bisa berhubungan langsung via chatting.

    Ayo para wanita manfaatkan teknologi yang ada dan jadilah Kartini Digital masa kini yang produktif dan bermanfaat bagi negeri.

    Smarter Computing for Smarter Planet


    Saat ini hampir semua orang di planet ini sudah dapat merasakan manfaat komputer beserta teknologinya. Dengan memanfaatkan komputer pekerjaan menjadi mudah, cepat dan efisien. Begitu juga pemanfaatan internet, dalam sekejap setiap orang akan tahu apa yang terjadi di belahan dunia lain.

    Dengan adanya komputer, kita saling terkoneksi satu sama lain, baik secara individu maupun secara sistem. Seiring dengan itu, dampak globalisasi baik bidang ekonomi, sosial maupun teknologi akan semakin cepat menjalar ke penjuru planet. Krisis ekonomi di suatu negara akan terasa akibatnya di negara lain. Trend gaya rambut Justin Bieber di Amerika akan mudah ditiru oleh para remaja di Indonesia. Gadget yang baru di lauching, dengan mudah kita dapat segera mengetahuinya. Inilah efek globalisasi.

    Namun hal ini jangan dijadikan hambatan untuk berkembang dan takut menghadapi globalisasi. Kita harus terlibat jika tidak ingin terseret oleh arus globalisasi. Justru ini akan menjadi tantangan bagi kita untuk lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada.
    Bagaimana membuat Smarter Planet dengan Smarter Computing?
    Kita bisa berkontribusi untuk menciptakan Smarter Planet sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Seperti yang telah diungkapkan diatas, saat ini setiap individu, bahkan setiap perusahaan, kota, propinsi, negara saling terkait satu sama lain yang dilengkapi beberapa instrumen dan kecerdasan dengan tujuan untuk efektifitas dan efisiensi. Dengan demikian akan menghasilkan sebuah dunia yang cerdas. A Smarter Planet!

    Contoh Smarter Computing, dahulu untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas cukup menggunakan lampu lalu lintas merah-kuning-hijau. Kini seiring dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan, lampu lalu lintas perlu ditambah penunjuk waktu berapa lama harus berhenti atau jalan. Atau untuk mengambil uang tunai kita tidak perlu antri di bank, cukup ambil di ATM, bahkan tidak perlu di ATM bank yang bersangkutan karena sudah ada jaringan antar bank. Dan masih banyak contoh Smarter Computing lainnya yang mempermudah dan menciptakan efisiensi.
    Smarter Planet tidak lahirkan tapi diciptakan karena kita membutuhkannya.

    April 02, 2011

    Coca-Cola & Musik : Kolaborasi Dua Icon Universal

    Coca-Cola dan Musik sudah menjadi icon universal. Keduanya sudah menjadi bahasa universal dibelahan dunia manapun.

    Lewat musik, seorang John Lennon dapat menyampaikan pesan perdamaian lewat lagu Imagine. Lewat musik kita bisa merasakan kesedihan Eric Clapton yang kehilangan seorang anaknya lewat lagu Tears In Heaven. Lewat musik, tanpa mengetahui liriknya pun orang bisa menikmati sebuah lagu, orang-orang Jepang sangat menikmati lagu Bengawan Solo milik musisi Gesang. Masih banyak peristiwa-peristiwa lewat keajaiban sebuah musik.
    Demikian pula dengan Coca-Cola. Dibelahan penjuru dunia manapun orang pasti sudah mengenal merek yang satu ini. Saya pernah mengalami pengalaman pribadi dengan minuman yang satu ini. Beberapa tahun lalu saya mengunjungi daerah pedalaman di Papua. Tidak ada jalan darat untuk menuju kesana. Satu-satunya transportasi adalah menggunakan pesawat udara. Dengan mencarter pesawat yang berisi 8 orang akhirnya sampai juga di kota Mulia, sebuah kota di kaki Pegunungan Puncak Jaya. Rasanya inilah kota tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.000 meter!
    Saat tiba di tujuan, kami disambut oleh tari-tarian khas daerah Papua. Mereka bernyanyi, menari dengan semangat diiringi oleh musik tradisional. Dan tahukah apa yang mereka suguhkan kepada saya saat itu? Ya, sekaleng Coca-Cola! Sungguh saat itu kaget dan takjub dengan kejadian itu. Kepala suku membukakan kaleng, memasukkan sedotan dan memberikan kepada saya sambil berkata, "Ayo, kamu orang pasti haus dan minum ini supaya segar dan semangat..."  Dan benar saja, perjalanan panjang yang melelahkan hilang dalam sekejap setelah mendapat sambutan lewat musik yang luar biasa dan tentu saja suguhan minuman Coca-Cola yang menyegarkan.
    Musik-pun kembali terdengar. Mereka bernyanyi dan menari dengan semangat. Sungguh, sebuah pengalaman yang luar biasa. Sekaleng Coca-Cola yang dikapalkan dari Surabaya ke Biak lalu diterbangkan ke tempat ini, dapat menjadi sebuah lambang persahabatan yang indah.
    Coca-Cola dan Musik memang sudah menjadi Icon Universal. Kolaborasi keduanya tentu akan menghasilkan sesuatu yang dahsyat. 
    Selama ini Coca-Cola selalu mendukung kegiatan musik didunia, kapan saja dan dimana saja. Mereka konsisten dan sangat peduli terhadap perkembangan dan kegiatan musik baik level internasional maupun lokal.
    Terakhir Coca-Cola mengadakan acara unik yaitu The 24 hours Session. Dengan menggandeng grup musik yang sedang digandrungi di dunia Maroon5 mereka mengundang para pengguna internet untuk terlibat dengan grup tersebut untuk menciptakan sebuah lagu dalam 24 jam. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 22 Maret 2011. Para blogger dan netizer dapat berinteraksi secara online dengan Maroon5 membantu penulisan lirik dan irama lagu termasuk mengkritiknya. Sungguh terobosan yang luar biasa.

    Dan Kolaborasi Coca-Cola dan Musik yang merupakan Dua Icon Universal benar-benar membangkitkan semangat baru : Bangkitkan Semangat Musikmu dan Segarkan Semangatmu!


     24 hours Session Maroon5 dan Coca-Cola

    Sumber foto : www.coca-cola.co.id